Mengenal Keju Italia yang Menyehatkan Jantung - Kompas.com

Mengenal Keju Italia yang Menyehatkan Jantung

Lily Turangan
Kompas.com - 20/01/2017, 09:05 WIB
Ilustrasi keju Grana.

KOMPAS.com - Kesukaan Anda terhadap keju memiliki manfaat yang mengejutkan. Sebuah penelitian baru yang dimuat dalam Journal of American Society of Hypertension mengatakan, bahwa beberapa jenis keju Italia dapat melindungi jantung Anda.

Dalam studi tersebut, orang dengan tekanan darah tinggi yang makan satu ons Grana Padano setiap hari selama dua bulan mengalami penurunan tekanan darah sistolik (angka atas) 7-8 milimeter merkuri (mm Hg) dan tekanan diastolik darah (angka bawah) 5 sampai 7 mm Hg.

Sebagai perbandingan, mereka yang makan keju Grana tiruan, tidak mengalami perbaikan apapun dalam pembacaan tekanan darah mereka.

Grana Padano mengandung dua senyawa yang disebut isoleusin-prolin-proline (IPP) dan valin-prolin-proline (VPP), yang dapat merelaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah, kata penulis studi Giuseppe Crippa, MD, direktur unit hipertensi di Rumah Sakit Saliceto Guglielmo Italia.

IPP dan VPP bertindak mirip dengan obat-obatan tekanan darah yang disebut ACE-inhibitor seperti Lotensin dan Capoten.

Mereka bekerja dengan cara menghentikan produksi hormon angiotensin II, suatu hormon aktif yang menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

Hasil penelitian ini adalah berita baik bagi jantung Anda, tapi bukan alasan untuk mengonsumsinya tanpa batas, kata Dr Crippa.

Semua keju mengandung lemak dan garam, memberikan Anda kalori ekstra. Jadi, pastikan Anda tidak berlebihan memakannya.

Dr. Crippa merekomendasikan Anda mengonsumsi tidak lebih dari satu ons keju Grana atau seukuran dua dadu sekali makan.

Penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk menentukan apakah keju jenis yang sama, seperti Parmigiano, memiliki manfaat yang sama pula, katanya.

PenulisLily Turangan
EditorBestari Kumala Dewi
SumberMen's Health,
Komentar
Terkini Lainnya

Close Ads X