Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Sebaiknya Orang dengan Diabetes Tak Mengemudi?

Kompas.com - 08/02/2017, 12:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Jika Anda adalah seorang penderita diabetes dan sering harus berkendara sendiri, ketahuilah bahwa hal itu berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain, sama halnya dengan mengemudi dalam keadaan mabuk.

Kebanyakan orang tahu bahayanya mengemudi di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan berbahaya. Tapi, tak sedikit orang yang masih belum tahu bahwa mengemudi dengan kondisi gula darah rendah atau hipoglikemia, juga sangat berbahaya.

"Orang dengan diabetes yang berkendara di waktu yang salah, bisa saja masuk dalam situasi yang membahayakan nyawanya sendiri dan orang lain," Amy Kranick, RD, seorang konsultan diabetes bersertifikat di Vanderbilt University Medical Center di Nashville, Tennessee, memperingatkan.

Ketika Gula Darah Turun

Hipoglikemia berarti bahwa kadar gula darah Anda turun terlalu rendah untuk mendukung kebutuhan tubuh dan otak. Biasanya, hipoglikemia didefinisikan sebagai angka gula darah kurang dari 70 miligram perdesiliter (mg / dL).

Gejala gula darah rendah termasuk:

Sakit kepala
Pusing
Berkeringat
Kelaparan
Tremor atau gemetar
Kulit pucat
Gelisah
Kebingungan
Perubahan perilaku atau suasana hati
Canggung
Kesulitan memusatkan perhatian
Kejang
Hilang kesadaran.

Beberapa orang dengan diabetes, pernah mengalami hipoglikemia namun tidak menyadarinya sampai terlambat. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memeriksa gula darah Anda sebelum Anda mengemudi.

Orang dengan diabetes tipe-2 yang menggunakan insulin dapat mengalami peningkatan risiko hipoglikemia sebagai efek samping dari obat ini. Obat yang disebut sulfonilurea, juga bisa menyebabkan hipoglikemia.

Pasien yang minum obat beta-blocker, mungkin juga bisa mengalami peningkatan risiko yang sama tapi tidak menyadarinya.

Berikut adalah aturan dasar mengemudi bagi orang dengan diabetes:

1. Tes gula darah. "Jika Anda berisiko hipoglikemia, jangan pernah masuk ke dalam mobil tanpa memeriksa gula darah Anda," ujar Kranick.

2. Jika gula darah Anda terlalu rendah, jangan memaksa diri memegang kemudi. Tunggu 15 menit sebelum memeriksa gula darah Anda lagi setelah mengonsumsi; 15 gram karbohidrat sederhana, empat tablet glukosa, empat ons soda atau jus buah.

3. Siapkan makanan ringan dan sehat di dalam mobil sebagai antisipasi ketika gula darah mulai turun.

4. Periksa gula darah secara teratur tiap 2-4 jam jika Anda mengadakan perjalanan panjang. Selalu sediakan alat cek gula darah dan insulin jika Anda terbiasa menggunakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com