Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2017, 16:07 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Kebanyakan orang tua baru biasanya mengangap wajar bila bayi mereka terbangun sepanjang malam. Namun, ketika anak sudah berada di fase balita, orangtua akan merindukan tidur nyenyak di malam hari tanpa gangguan dari si kecil.

Ada beberapa cara untuk menidurkan si buah hati lebih cepat agar Anda mendapatkan waktu istirahat lebih banyak.

Tidurkan si buah hati lebih cepat

Beberapa orangtua berpikiran kalau semakin malam menidurkan si kecil, maka mereka akan letih dengan sendirinya dan tertidur. Namun, ternyata kenyataannya tidak seperti itu.

Menidurkan si kecil lebih awal justru menjadi solusi yang lebih baik dan juga berdampak lebih baik untuk kesehatan si anak. Tekanan darah dan jantung si kecil lebih terjaga kalau mereka beristirahat lebih awal, kata Elizabeth Pantley, seorang penulis buku No-Cry Sleep Solution.

Matikan lampu kamar

Seorang psikologis klinis, Kevin Smith, PhD, di Kansas menyarankan untuk memadamkan lampu kamar si kecil 60 menit sebelum waktunya tidur

Penggunaan alat elektronik yang sebelum tidur juga bisa menyebabkan si kecil susah mengantuk. Bukan berarti Anda harus mematikan seluruh lampu yang ada si kamar anak Anda, tetapi cukup membuatnya redup, tambah Smith.

Buatlah suasana yang sepi

Orangtua harus menciptakan suasana tidur yang cukup kondusif, termasuk salah satunya memastikan kondisi lingkungan yang sepi. Menurut Dr Smith, ada beberapa anak yang memiliki kesensitifan lebih terhadap suara-suara di malam hari.

Bantu mereka untuk tenang

Jack Maypole, MD dari The Goddard School mengatakan, tidak semua anak mudah tertidur setelah aktivitas yang dilakukannya seharian.

Peranan orangtua di sini adalah membantu mereka merasa tenang dan santai menuju mimpi. Membacakan sedikit cerita dan dongeng dapat membantu mereka terlelap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com