5 Cara untuk Ibu Baru agar Bisa Atur Waktu Tidur - Kompas.com

5 Cara untuk Ibu Baru agar Bisa Atur Waktu Tidur

Kontributor Female, Dian Tanjung Sari
Kompas.com - 09/02/2017, 16:36 WIB
THINKSTOCK.COM Ilustrasi

 

KOMPAS.com — Umumnya, para ibu yang baru saja melahirkan dan memiliki bayi sulit mendapatkan tidur yang berkualitas.

Kondisi ini tentu tidak baik untuk keseimbangan hidup dan bisa membuat Anda letih berlebihan. Alhasil, Anda bisa tidak punya waktu ruang untuk mengurus bayi dan diri sendiri.

Berikut lima kiat yang bisa Anda terapkan untuk tetap dapat tertidur lelap meski baru saja memiliki bayi:

 

1.Hindari kafein

 

Mungkin terdengar berlawanan; Anda merasa sangat lelah dan merasa tidak bisa berfungsi dengan baik tanpa segelas besar kopi. Namun, Anda tidak sadar bahwa kebiasaan itu bisa menyabotase diri sendiri dari kebutuhan untuk tidur.

Ketergantungan Anda pada kafein, meskipun hanya minum secangkir kecil, akan membuat Anda terjaga sepanjang malam.

2. Minta bantuan

Insting seorang ibu akan timbul meskipun sebelum bayinya lahir. Jadi, tidak mengejutkan ketika para ibu merasa mereka seharusnya bisa mengatasi semuanya ketika mereka berjuang melalui malam-malam tanpa tidur mengasuh bayi yang baru lahir.

Ingatlah, teman-teman dan keluarga pasti ingin membantu. Mereka siap dan ingin membantu kapan pun mereka bisa. Jangan biarkan Anda tenggelam hanya karena ingin membuktikan diri Anda bisa.

3. Istirahat pada malam hari

Jika Anda menyusui, maka langkah ini harus disiasati. Anda perlu menunggu hingga payudara terasa penuh sebelum mencoba langkah ini. Ketika Anda yakin payudara Anda terisi secara teratur, Anda bisa menyiapkan air susu ibu (ASI) perah di dalam botol untuk diberikan kepada bayi saat tengah malam.

Jadi, Anda bisa sedikit beristirahat dari tugas menyusui dan menyerahkannya sementara kepada suami sehingga Anda bisa mengambil waktu istirahat yang diperlukan.

4. Temukan hal yang membuat Anda santai

Ada fenomena unik terjadi ketika Anda menjadi ibu baru. Tulang-tulang Anda terasa lelah, tetapi Anda justru merasa tidak bisa tidur. Tubuh dan pikiran Anda sedang berada pada tingkat kewaspadaan yang tinggi karena kehadiran seorang makhluk mungil yang sangat lucu dan sangat membutuhkan perhatian Anda.

Namun, Anda harus menyadari bahwa Anda bisa mengurus keluarga dengan lebih baik ketika Anda cukup tidur.

Carilah waktu menemukan formula ajaib Anda untuk relaksasi, misalnya berendam dengan air hangat dan busa melimpah dalam bathtub dengan waktu yang lama.

5. Cobalah mengatakan “tidak”

Kaum wanita terkadang melakukan hal-hal aneh, seperti ingin melakukan segalanya untuk setiap orang, meskipun harus mengorbankan kesehatan mereka.

Tidak ada kesempatan yang lebih baik untuk belajar menghentikan kebiasaan menanggung beban tambahan itu, selain dari saat ini, ketika Anda menjadi ibu baru.

Tanggung jawab Anda sudah cukup banyak, Anda tidak perlu menambahkannya dengan hal-hal lain yang tidak perlu.

PenulisKontributor Female, Dian Tanjung Sari
Editor Syafrina Syaaf
SumberShe Knows,
Komentar
Close Ads X