Langkah Jadikan Masa Hamil Lebih Menyenangkan - Kompas.com

Langkah Jadikan Masa Hamil Lebih Menyenangkan

Kontributor Female, Dian Tanjung Sari
Kompas.com - 13/02/2017, 09:30 WIB
SHUTTERSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com -- Ada sebagian wanita yang memang mencintai kehamilan. Mereka sangat menyukai seluruh hal-hal manis yang terjadi, seperti misalnya tendangan si bayi mungil hingga penampilan yang terlihat selalu bersinar bagaikan sang dewi.

Namun, bagaimana bila Anda bukan bagian dari wanita yang selalu merasa nyaman dengan kehamilan?

Perubahan bentuk tubuh umumnya membuat rasa percaya diri menurun, belum lagi perjuangan melawan morning sickness.

Namun, tentu saja ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk membuat siklus istimewa dari kehidupan wanita ini  terasa jauh lebih menyenangkan.

Membeli celana hamil

Jangan pernah gengsi membeli celana hamil hanya karena tidak ingin terlihat seperti wanita yang ketinggalan zaman.  Saat ini ada banyak sekali celana hamil yang bisa membuat Anda tetap terlihat modis. 

Celana hamil, meski tidak selalu indah dipadupadankan, tetapi memberikan kenyamanan yang dibutuhkan Anda dan bayi Anda. Jadi tidak ada alasan lagi menunda membelinya.

Gunakan trik karet

Jika Anda tipikal wanita dengan kehamilan yang kecil atau bertekad untuk tetap menggunakan pakaian reguler (bukan pakaian hamil), cobalah trik memperpanjang pinggang celana jeans Anda dengan memodifikasi bagian pinggang menggunakan karet. Pilih produk karet celana yang terpercaya untuk melakukan trik ini.  

Sedia biskuit di samping kasur

Morning sickness bisa jadi hal terburuk selama kehamilan. Biskuit bisa jadi salah satu solusi sempurna untuk meredakan sakit perut Anda.

Jadi, saat bangun tidur, segera makan biskuit yang sudah Anda siapkan di samping ranjang dan setelah itu Anda biasanya bisa menjalani hari seperti biasa. Ada banyak wanita sudah membuktikan hal ini.

Makan pisang sebelum tidur

Kram kaki umum dialami oleh wanita hamil. Kram kaki saat hamil bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika sedang tidur nyenyak di malam hari.

Oleh karena itu, untuk mengurangi kram kaki di malam hari, makanlah pisang sebelum tidur. Sebab, kandungan kalium pada pisang bisa membantu menghilangkan serangan kram pada kaki.

Bra extenders sahabat terbaik Anda

Selama kehamilan, payudara akan membesar bagai tak terkendali. Sementara itu, bra ibu hamil kebanyakan dibanderol dengan harga relatif cukup mahal.

Nah, untuk menghindari pengeluaran yang cukup besar, belilah bra extenders yang bisa Anda tambahkan pada koleksi bra Anda yang sudah ada dan dapatkan beberapa sentimeter panjang bra tambahan.

Korset ibu hamil

Tekanan perut yang berat adalah beban tersendiri bagi tubuh. Korset khusus ibu hamil bisa menjadi anugerah untuk meringankan sedikit ketidaknyamanan ini.

Apapun bentuk korset kehamilan pilihan Anda, ini benar-benar investasi berharga jika Anda merasa tidak nyaman dengan perut yang semakin membesar.

Jangan berhenti olahraga

Paling tidak tetap lakukan fitnes dengan level minimal. Rutinitas ini baik untuk tubuh dan pikiran Anda.

Rencanakan hal-hal seru pada masa akhir kehamilan

Masa akhir kehamilan adalah masa yang cukup berat bagi kebanyakan wanita, seperti menanti pertandingan yang bisa menyebabkan kegelisahan bahkan kepada calon ibu yang paling kalem sekalipun.

Cara untuk mengatasinya adalah penuhi aktivitas Anda dengan beragam kegiatan dan treatment yang menyenangkan.

Jadi, misalnya menikmati perawatan spa, menonton film bersama teman-teman, atau makan malam di restoran favorit Anda. Semua aktivitas yang menyenangkan ini jauh lebih baik daripada menunggu due date hanya dengan duduk diam tanpa aktivitas.

Jangan sungkan terima bantuan

Ketika ada teman/ keluarga yang menawarkan untuk menjaga anak Anda yang lain atau membereskan cucian, terima saja.

Sebab, saat kondisi hamil besar semakin membuat Anda menghela nafas, Anda layak menerima bantuan apa pun yang bisa Anda dapatkan.

PenulisKontributor Female, Dian Tanjung Sari
Editor Syafrina Syaaf
SumberMom.me,
Komentar
Close Ads X