Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2017, 13:11 WIB
Dian Maharani,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehilangan orang yang dicintai, kehilangan pekerjaan, atau terus merasa tertekan bisa membuat seseorang menjadi stres hingga depresi. Dukungan orang terdekat sangat penting untuk membantu penderita depresi bangkit kembali.

Menurut penelitian di University of Alberta, lebih banyak cinta kepada pasangan dapat membantu meringankan gejala depresi.

Banyak cara untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang kepada pasangan yang depresi, terutama dengan berempati dan menjadi pendengar yang baik. Berikut 4 cara meringankan gejala depresi yang dialami pasangan seperti dikutip dari Medical Daily.

1. Membantu pekerjaan rumah
Bagi pasangan suami istri, saling membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga merupakan dukungan yang sangat berarti. Mulai dari mengerjakan pekerjaan rumah sampai mengantar anak-anak ke sekolah. Tanpa disadari dukungan itu membantu meringankan gejala depresi.

2. Berjalan-jalan
Ajaklah pasangan pergi jalan-jalan keluar rumah untuk menghirup udara segar sambil berbincang santai agar suasana hati menjadi lebih baik dan meringankan depresi.

Para peneliti menemukan, hanya berjalan di luar rumah selama 30 menit saja sudah membuat suasana hati lebih bahagia dan pandangan yang lebih positif.

3. Olahraga
Menurut penelitian, olahraga memang dikenal tak hanya menyehatkan fisik, tetapi juga pikiran. Saat olahraga, akan terjadi pelepasan neurotransmiter di otak, seperti endorfin dan endocannabinoid yang membuat suasana hati lebih bahagia.

Menurut Mayo Clinic, olahraga memberikan efek menenangkan dan mengurangi bahan kimia pada sistem kekebalan tubuh yang memperburuk depresi. Olahraga bersama juga membantu pasangan mengalihkan pikiran mereka dari kekhawatiran atau masalah yang memicu depresi.

4. Bersyukur
Ketika pasangan mulai menampakkan gejala depresi, bantulah ia untuk melihat hal-hal yang lebih positif dalam hidup. Tekankan pentingnya memiliki rasa bersyukur.

Ajak ia mengingat hal-hal bahagia atau berkah dalam hidup dan tingkatkan optimisme. Cara itu dinilai memberikan pengaruh signifikan untuk mengurangi depresi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com