Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Tabung, Membuka Peluang Kehamilan Pasangan dengan Infertilitas

Kompas.com - 21/02/2017, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Dengan perkembangan teknologi dan ilmu kedokteran, pasangan suami istri yang mengalami infertilitas masih bisa punya kesempatan untuk hamil dan memiliki anak dengan menjalani program bayi tabung atau in Vitro Fertilization (IVF).

Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG (K). Konsultan fertility FKUI-RSCM yang juga anggota tim IA-RC (Reproductive clinic) dan IA-IVF (in Vitro Fertilization) Daya Medika mengungkapkan, bahwa faktor suami atau istri, bahkan kombinasi keduanya dapat menjadi penyebab gangguan kesuburan.

“Kalau dari faktor istri, gangguan pematangan sel telur, sumbatan saluran telur atau gangguan pada rahim dan indung telur. Sedangkan pada pria, umumnya adalah masalah sperma,” jelasnya saat ditemui dalam acara Seminar Awam Bayi Tabung Klinik dr. Sander B, Jakarta.

“Jadi sebelum program, kita akan cari masalahnya apa. Pada istrinya akan kita lihat apakah ada masalah pematangan telur, kerusakan saluran telur, adakah kista cokelat atau gangguan rahim. Pada suaminya akan dilakukan analisa sperma, mulai dari jumlah sperma, bentuk sperma, sampai bagaimana gerak sperma,” tambahnya.

In Vitro Fertilization (IVF) atau bayi tabung adalah proses dimana sel telur dikeluarkan dari ovarium dan dicampur dengan sperma dalam satu tabung di laboratorium.

Dengan demikian, pembuahan terjadi di luar tubuh wanita. Setelah terjadi pembuahan, sejumlah 2-3 embrio akan ditanam kembali ke rahim calon ibu.

Inilah yang membedakannya dengan inseminasi, di mana proses pertemuan antara sel sperma dan sel telur tetap terjadi di tubuh manusia.

Pada proses IVF ada delapan tahapan yang harus dilalui, yaitu pemeriksaan USG, hormon, saluran telur dan sperma, penyuntikan obat penekan hormon, pengambilan sel telur, pembuahan, pengembangan embrio, lalu menunggu hasil.

“Setelah embrio ditanam ke dalam rahim, ibu bisa beraktivitas seperti biasa. Enggak perlu takut bergerak, karena meskipun ibu bergerak, posisi embrio tetap pada tempatnya kok. Yang harus dihindari adalah stres. Selanjutnya berpasrah diri dan banyak berdoa,” kata dokter Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com