Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stres dan Kurang Tidur Buat Anda Tampak 2,5 Tahun Lebih Tua

Kompas.com - 21/02/2017, 15:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Seiring bertambahnya usia, salah satu hal yang menakutkan bagi wanita adalah penuaan pada kulit. Sebab, sangat sulit untuk mengembalikan kulit yang sudah terlanjur keriput atau menua.

Terjadinya penuaan kulit ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia, tetapi juga karena banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh wanita.

“Semakin banyak aktivitas, maka semakin banyak pula yang terkena penuaan kulit,” ujar Vivi Tri Andari, R&G Manager PT Unilever Indonesia Tbk dalam acara Pond’s Age Miracle Non-Stop Beauty di Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Seorang wanita bekerja misalnya, mereka memiliki tingkat stres yang tinggi dan seringkali kurang tidur atau bahkan sengaja begadang. Kedua hal tersebut bisa membuat wajah terlihat 2,5 tahun lebih tua.

Sementara itu, stres sendiri dapat melemahkan kolagen pada kulit hingga 70 persen dan meningkatkan resiko munculnya keriput pada kulit wajah.

Lalu, satu hari begadang saja dapat membuat kulit wajah kehilangan sepuluh persen kekuatannya dalam menghadapi faktor eksternal penyebab penuaan.

Maka dari itu, perhatikan waktu tidur Anda untuk memperlambat proses penuaan kulit wajah. Selain itu, lakukan pekerjaan dengan senang hati agar tidak menimbulkan stres berlebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com