Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Cara Efektif Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Kompas.com - 24/02/2017, 17:35 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Bila Anda tak sempat berolahraga namun ingin penurunan berat badan berjalan efektif, cukup pastikan ada dua poin ini dalam diet Anda.

Menurut ahli gizi Karen Ansel MS, RDN, penulis buku Healing Superfoods for Anti-Aging: Stay Younger Live Longer, ada dua hal sederhana yang dapat membantu menurunkan berat badan secara alami, tanpa diet ketat atau rutin ke gym, yaitu:

Makan lebih banyak serat

Menurut Ansel, serat merupakan salah satu nutrisi terbaik pendukung berat badan ideal, tetapi kebanyakan orang hanya mengkonsumsi setengah dari jumlah harian serat yang direkomendasikan (25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria).

Pasalnya, serat memainkan peran besar dalam mengendalikan rasa lapar, layaknya spons di dalam perut, serat akan mengembang di perut Anda dan membuat Anda merasa tetap kenyang lebih lama ketimbang nutrisi lainnya.

Mengonsumsi serat juga akan mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam perut, jenis bakteri yang membuat hormon rasa lapar Anda di kontrol. Sehingga, semakin kecil kemungkinan Anda untuk ngemil dan mengasup kalori yang tidak perlu.

Ansel menambahkan bahwa penelitian baru-baru ini bahkan telah menunjukkan bahwa serat memiliki kemampuan untuk menjebak kalori lainnya setelah dicerna.

Artinya, serat juga membantu Anda untuk menyingkirkan kalori yang sudah ada di dalam tubuh.

Serat pun dapat ditemukan dalam makanan yang mengandung biji-bijian, serta dalam kacang-kacangan, buah dan sayuran.

Mengurangi porsi setiap kali makan

Makanlah seperti biasa, namun kurangi porsi setidaknya 30 persen papar Ansel. Misalnya, Anda mungkin berpikir bahwa semangkuk nasi merupakan satu porsi, kini, konsumsilah sepertiga dari mangkuk nasi tersebut.

Jika Anda berhasil memotong porsi pada setiap kali makan, tanpa sadar Anda akan memotong jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, yang pada gilirannya akan membantu menurunkan beberapa kilogram berat badan.

Sehingga, Anda tak perlu menghindari makanan favorit, cukup kurangi porsinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com