Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih "The Biggest Loser" Kena Serangan Jantung Saat Olahraga

Kompas.com - 28/02/2017, 13:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Pelatih dan host acara TV The Biggest Loser, Bob Harper baru-baru ini mengalami serangan jantung serius. Serangan itu membuat dirinya tak sadarkan diri selama dua hari.

Harper yang saat ini sedang memulihkan diri mengatakan dirinya sedang berolahraga di gym di New York City ketika terkena serangan. Seorang dokter yang juga berada di gym melakukan pertolongan pertama untuk dirinya.

Pria berusia 51 tahun yang sering membagikan tips pola makan sehat dan hidup aktif ini terpaksa menghabiskan delapan hari dirawat di rumah sakit di New York dan belum dibolehkan terbang pulang ke Los Angeles.

Kendati Harper dikenal sebagai pria dengan bentuk tubuh berotot dan sangat sehat berkat latihan fisik teratur, faktor genetik masih berperan besar terhadap kesehatan jantungnya. Diungkapkan, ibunda Harper meninggal karena serangan jantung.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, mereka yang orangtuanya menderita penyakit jantung memang lebih rentan juga terkena penyakit ini. Pria juga beresiko lebih besar mengalami serangan jantung.

Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah serangan jantung, misalnya menjaga berat badan tetap seimbang, tidak merokok, menjaga kadar kolesterol tidak tinggi, serta aktif secara fisik.

Harper saat ini masih menjalani pengobatannya. Para ahli mengatakan, butuh waktu beberapa minggu untuk otot jantung pulih dari serangan jantung. Proses pemulihan itu juga tergantung pada kondisi fisik masing-masing orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com