Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2017, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Menyeruput kopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Kedai-kedai kopi dengan suasana yang hangat juga tak pernah sepi pengunjung. Secangkir kopi memang memiliki banyak manfaat.

Salah satu manfaat kopi yang banyak dicari para workaholic penikmat minuman hitam ini adalah meningkatkan konsentrasi dan energi. Riset juga menunjukkan kafein dalam kopi memiliki efek positif pada memori dan proses berpikir.

Jika Anda termasuk peminum kopi, ada beberapa alasan mengapa setelah meneguk kopi kita lebih segar. Salah satunya adalah mengonsumsi minuman ini bisa meningkatkan ketahanan fisik. Risiko terkena penyakit kronik seperti diabetes juga dapat ditekan oleh kopi.

Walau begitu, kopi bukanlah minuman ajaib. Kelebihan konsumsi minuman ini dapat memicu tekanan darah tinggi, gangguan tidur, sakit kepala, dan gangguan pencernaan.

Pastikan konsumsi kafein Anda tak lebih dari 300 miligram per hari atau sekitar 2-3 cangkir. Akan lebih menyehatkan jika Anda tidak menambahkan gula ke dalam cangkir.

Ketahui apa saja tips cerdas dalam mengonsumsi kopi.

Tim Kreatif Kompas.com Tips minum kopi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com