Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2017, 09:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Membeli salad yang sudah dikemas tentu lebih praktis ketimbang membuatnya sendiri. Namun, bolehkah mengonsumsi salad kemasan tanpa mencucinya?

Jika Anda membeli salad kemasan di kafe atau restoran, umumnya salad yang dijual sudah melalui tahap pencucian.

Sedangkan bila Anda membelinya di pasar swalayan, Anda perlu memperhatikan labelnya, apakah ada keterangan sudah dicuci atau belum. Bila sudah, Anda tidak perlu mencucinya lagi.

Jika masih ragu, Anda bisa mencucinya dengan air matang. "Namun, pastikan tangan Anda sudah dicuci bersih sebelum memegang daun salad sebab kemungkinan tertularnya penyakit E. coli atau salmonella saat konsumsi salad hijau kemungkinan besar berasal dari tangan yang 'tercemar'," kata Luke Laborde, Ph.D., seorang profesor ilmu makanan di Penn State University.

"Tangan Anda sangat mungkin tercemar bakteri tersebut saat memegang anak-anak yang memiliki banyak kuman karena bermain di luar ruangan, hewan peliharaan, atau talenan yang baru saja digunakan untuk memotong daging mentah," kata Laborde.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com