Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Rumah Sakit, Bakteri Super Bersarang di Tempat Ini

Kompas.com - 02/03/2017, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Bakteri kebal obat alias super bug kebanyakan memang ditemukan di rumah sakit akibat kurang terjaganya standar terapi. Para ahli mengungkap di mana bakteri ini biasa bersembunyi.

Bakteri yang kebal obat ternyata bisa bersembunyi di pipa wastafel rumah sakit. Bahkan, bakteri berbahaya ini juga bisa mencari cara untuk keluar dan mencapai pasien.

"Kondisi basah, lembap, dan terlindungi membuat pipa saluran menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak," tulis peneliti di jurnal Applied and Environmental Microbiology.

Selain itu, beberapa laporan studi juga menemukan kaitan genetik antara patogen di pipa rumah sakit dan patogen pada pasien. Dengan kata lain, bakteri yang sama ditemukan pada pipa saluran dan tubuh pasien yang terinfeksi.

Sayangnya, para ilmuwan belum mengetahui bagaimana bakteri di pipa ini dapat berakhir menginfeksi pasien karena pasien biasanya tak melakukan kontak langsung dengan bagian dalam pipa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com