Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2017, 18:38 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Pada pekan ini, BBC News menampilkan berita tentang artis Angelina Jolie yang sedang mengajar anak-anaknya mengolah serangga menjadi camilan. Terus terang, pilihan camilan mereka lebih sehat dibanding kebanyakan camilan olahan di pasaran.

Penasaran tentang preferensi makanan ringan Angelina Jolie dan bagaimana makanan yang nampak aneh bagi sebagian besar kita dianggap lebih sehat?

Makan serangga bukan hal yang aneh bagi Jolie. "Pertama kali saya memakan serangga ketika pertama menginjakkan kaki di Kamboja," katanya.

"Jangkrik, Anda mulai dengan jangkrik. Jangkrik dan bir dan kemudian Anda naik level ke tarantula."

Mengunyah serangga mungkin bukan ide yang membangkitkan selera, tetapi mereka sarat dengan gizi. Sebuah studi yang diterbitkan tahun lalu dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa serangga kaya akan magnesium, zat besi, dan nutrisi lainnya.

Para peneliti melaporkan bahwa ketika dibandingkan dengan daging sapi, jangkrik benar-benar memiliki zat besi yang lebih tinggi.

Sementara belalang, mealworm, dan jangkrik, semuanya memiliki kadar magnesium yang lebih tinggi selain juga kaya kalsium, tembaga, dan seng dibanding steak sirloin.

Menurut ahli gizi Vandana Sheth, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, serangga bisa menjadi alternatif yang sehat untuk diet Anda.

"Secara umum, serangga tinggi protein (sekitar 60 sampai 70%), rendah karbohidrat dan sarat vitamin, mineral serta lemak," katanya.

Namun, ada lebih dari seribu spesies serangga yang dapat dimakan dan tidak semuanya padat gizi. "Karena ada banyak jenisnya, nilai gizi mereka sangat bervariasi," jelas Sheth.

Terlebih lagi, ada beberapa serangga yang bersentuhan dengan pestisida dan bahan kimia lainnya. Jadi, jika Anda tertarik mencobanya, penting untuk membeli mereka dari sumber yang terpercaya.

Jika Anda tertarik dengan manfaat nutrisi dari serangga, tetapi tidak cukup siap untuk menelan seekor laba-laba, pertimbangkan untuk mencoba produk yang dibuat dari tepung serangga, seperti keripik atau protein bar kriket.

Jika Anda membandingkan rasa keripik atau protein bar kriket dengan hot dog, percayalah bahwa rasanya tidak terlalu buruk.

Anak-anak Angelina Jolie bisa menghabiskan sekantung keripik serangga seperti menghabiskan sekantung keripik kentang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com