Vaksin untuk Lindungi Anak dari Infeksi Meningitis - Kompas.com

Vaksin untuk Lindungi Anak dari Infeksi Meningitis

Kompas.com - 11/03/2017, 14:00 WIB
Thinkstockphotos Ilustrasi

TANYA:
Dok saya ingin bertanya cara melindungi anak dari penyakit meningitis, karena dalam waktu cukup dekat saya mendengar kabar ada beberapa kenalan yang keluarganya meninggal karena meningitis. Saya punya dua anak kembar berumur 5 tahun dan keduanya belum divaksin MMR.

Terus terang dulu saya takut anak saya divaksin MMR karena takut autis. Perlindungan apa yang harus saya berikan pada anak-anak saya ini dok agar tidak tertular penyakit. Terima kasih bantuannya.
Patricia, Cirebon

JAWAB :
Meningitis adalah infeksi/peradangan di selaput otak yang dapat disebabkan oleh beberapa jenis virus/bakteri, diantaranya golongan Haemophylus influeza tipe B (HiB), pnemokokus dan sebagainya.

Jenis kuman seperti HiB dan pneumokokus dapat dicegah dengan vaksin PCV/IPD dan Hib. Sedangkan untuk vaksin MMR (Measle Mumps Rubella) tidak dapat mencegah secara langsung infeksi otak pada pasien.

Selama ini pemberian MMR tidak menimbulkan efek seperti autisme. Maka sebaiknya ibu melengkapi status imunisasi  anak anak ibu sehingga dapat mencegah terjangkitnya penyakit yang dapat mengganggu proses tumbuh kembangnya.

EditorLusia Kus Anna
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM