Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2017, 15:34 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Tabir surya adalah salah satu perawatan sehari-hari yang sangat penting untuk melindungi kulit agar tetap terawat. Pada orang dewasa, penggunaan tabir surya ini digolongkan wajib digunakan.

Lantas, apakah ini juga diperlukan untuk anak bayi?

Dermatolog, dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV, berpendapat bahwa anak-anak juga membutuhkan proteksi kulit dengan mengaplikasikan tabir surya.

“Anak-anak boleh gunakan tabir surya khusus untuk anak, cari produk tabir surya degan tulisan label untuk anak. Anak yang boleh pakai mulai usia enam bulan ke atas,” ujar dr. Srie dalam acara Nivea Sun Adventure #EnjoyTheSun di Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Untuk anak-anak dibawah usia enam bulan yang berarti masuk dalam kategori bayi usia nol hingga lima bulan, dr. Srie menekankan untuk tidak mengaplikasikannya pada mereka.

“Bayi itu (kulitnya) berbeda dari orag dewasa. Masih lebih tipis dan fungsi melaninnya lebih rendah, sehingga lebih cepat terbakar kulitnya,” jelasnya.

Dia menambahkan, kulit bayi terutama usia nol hingga lima bulan lebih mudah dehidrasi, sehingga sangat tidak aman ketika harus dipakaikan tabir surya.

Pilihlah yang khusus untuk anak sehingga aman digunakan dan tidak menyebabkan alergi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com