Perlukah Bayi Pakai Krim Tabir Surya? - Kompas.com

Perlukah Bayi Pakai Krim Tabir Surya?

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Kompas.com - 12/03/2017, 15:34 WIB
SHUTTERSTOCK Ilustrasi

 

KOMPAS.com – Tabir surya adalah salah satu perawatan sehari-hari yang sangat penting untuk melindungi kulit agar tetap terawat. Pada orang dewasa, penggunaan tabir surya ini digolongkan wajib digunakan.

Lantas, apakah ini juga diperlukan untuk anak bayi?

Dermatolog, dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV, berpendapat bahwa anak-anak juga membutuhkan proteksi kulit dengan mengaplikasikan tabir surya.

“Anak-anak boleh gunakan tabir surya khusus untuk anak, cari produk tabir surya degan tulisan label untuk anak. Anak yang boleh pakai mulai usia enam bulan ke atas,” ujar dr. Srie dalam acara Nivea Sun Adventure #EnjoyTheSun di Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Untuk anak-anak dibawah usia enam bulan yang berarti masuk dalam kategori bayi usia nol hingga lima bulan, dr. Srie menekankan untuk tidak mengaplikasikannya pada mereka.

“Bayi itu (kulitnya) berbeda dari orag dewasa. Masih lebih tipis dan fungsi melaninnya lebih rendah, sehingga lebih cepat terbakar kulitnya,” jelasnya.

Dia menambahkan, kulit bayi terutama usia nol hingga lima bulan lebih mudah dehidrasi, sehingga sangat tidak aman ketika harus dipakaikan tabir surya.

Pilihlah yang khusus untuk anak sehingga aman digunakan dan tidak menyebabkan alergi.

 

PenulisAnggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Editor Syafrina Syaaf
Komentar
Close Ads X