Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2017, 21:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Baju kotor adalah salah satu sarang kuman dan jamur. Tentu, kita tak akan membiarkan tumpukan baju kotor ada terlalu lama, kita akan mencucinya segera. Entah mencucinya sendiri atau dengan jasa laundry. Entah laundry perhelai atau laundry kiloan.

Tapi, ada beberapa literatur bilang, mencuci saja tidak cukup untuk mengenyahkan kuman dan jamur pada pakaian. Lalu, apakah kita harus selalu mencuci pakai air panas? Seberapa panas?

Sulit untuk menemukan pedoman standar suhu air untuk mencuci," kata Dr Alexandra Sowa, seorang internis di NewYork-Presbyterian Hospital / Weill Cornell Medical Center.

Bahkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) hanya menyediakan rekomendasi tidak jelas, seperti "Mencuci dengan air panas tidak selalu diperlukan untuk semua laundry rumah tangga. Baca dan ikuti petunjuk cara mencuci dan penggunaan sabun atau deterjen pakaian dan sabun atau deterjen pada label pakaian. Cuci dan keringkan sesuai suhu yang tercantum pada label pakaian. "

Namun, beberapa studi menunjukkan bahwa mencuci tidak harus selalu menggunakan air panas seperti yang selama ini kita pikir, kata Dr. Sowa.

Satu studi, yang dilakukan di Inggris dan diterbitkan 12 tahun yang lalu, menunjukkan bahwa mencuci pakaian yang sangat kotor dari anggota rumah dengan air 37 derajat Celcius menggunakan mesin cuci rumah tangga, sama efektifnya dengan menggunakan air yang lebih panas, untuk membunuh jenis bakteri Staphylococcus aureus.

Dr. Sowa mengatakan bahwa studi itu juga menemukan, kontaminasi dengan bakteri sangat mungkin berasal dari mesin cuci itu sendiri.

"Untuk menyingkirkan patogen yang didapat dari kegiatan mencuci, pakaian hanya harus dikeringkan dengan mesin pemanas selama 30 menit, dengan matahari dan disetrika," katanya.

Dr. Sowa merekomendasikan Anda untuk membersihkan mesin cuci secara berkala dengan air dan pemutih disinfektan.

Caranya seperti Anda mencuci biasa, masukkan air yang sudah dicampur disinfektan ke dalam mesin cuci, jalankan mesin, hanya saja tanpa pakaian.

Dr. Sowa mengatakan, bahwa dia sendiri akan hati-hati ketika mencuci item tertentu seperti lap dapur dan pakaian anggota keluarga yang sakit.

Dia akan memisahkan item-item itu dari pakaian lainnya dan mencucinya dengan air bersuhu minimal 60 derajat Celcius.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com