3 Tanda Rekan Kerja Sedang Memanfaatkan Anda - Kompas.com

3 Tanda Rekan Kerja Sedang Memanfaatkan Anda

Kontributor Female, Agustina
Kompas.com - 15/03/2017, 16:05 WIB
THINKSTOCK.COM Ilustrasi

KOMPAS.com -- Memiliki kebiasaan membantu orang lain adalah sikap yang sangat terpuji, tetapi sayangnya ada beberapa orang yang akan dengan sengaja memanfaatkan kebaikan Anda. Coba perhatikan ciri-cirinya di bawah ini:

Pekerjaan Anda diakui oleh orang lain

Jika ada rekanan yang suka mengakui pekerjaan Anda dan mencuri “kemenangan” Anda di kantor, artinya orang tersebut dengan sengaja ingin memanfaatkan kebaikan Anda.

Hampir setiap kantor memiliki rekan kerja yang seperti ini, kata seorang psikolog di Miami, Erika Martinez, PsyD.

Namun, Anda wajib waspada dan menjaga jarak. Sebab, hal ini pertanda bahwa rekan kerja tidak tulus berteman dengan Anda dan hanya ingin mengambil keuntungan.

Dia tidak mau membantu saat Anda membutuhkan

Sekarang ini, orang-orang yang mengucapkan kata “terima kasih” saat menerima bantuan semakin berkurang. Banyak dari mereka yang bahkan merasa keberatan untuk melakukan hal yang sama saat Anda membutuhkan bantuannya.

Tidak adanya kata terima kasih saat menerima bantuan dari Anda bisa menjadi tolak ukur hubungan pertemanan Anda dengan orang tersebut. Sebab, sikap ini pertanda bahwa dia tidak menghargai perasaan Anda.

Memang tidak ada perjanjian tertulis untuk peraturan dalam hubungan ini. Akan tetapi, jika Anda mendengarkan, menghibur dan membantu mereka; maka mereka pun harus melakukan yang sama untuk Anda ketika dibutuhkan.

Dia suka memojokkan Anda agar setuju dengan pendapatnya

Cobalah untuk menolak dan berani mengatakan “tidak”. Sebelum melakukannya, coba tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda akan menyesal setelah melakukan hal ini? Kalau jawabannya “iya” maka sebaiknya Anda tolak permintaannya, kata Dr Martinez.

Buat batasan

Kalau Anda merasa terlalu sering memberi, mungkin sudah saatnya untuk menciptakan batasan, kata Samantha Ettus, seorang pakar kehidupan yang juga menciptakan The Pie Life di Los Angeles.

Anda harus bisa menolak kalau rekan meminta bantuan Anda lagi. Caranya adalah dengan memberikan alasan yang masuk akal selagi menolaknya.

PenulisKontributor Female, Agustina
EditorShierine Wangsa Wibawa
Komentar
Close Ads X