Perusahaan Harusnya Prioritaskan Karyawan ketimbang Klien - Kompas.com

Perusahaan Harusnya Prioritaskan Karyawan ketimbang Klien

Kontributor Female, Rakhma
Kompas.com - 16/03/2017, 07:02 WIB
THINKSTOCK.COM Ilustrasi

KOMPAS.com – Sebuah riset yang digelar oleh University of East Anglia mengungkapkan bahwa karyawan yang diberikan kebebasan kreativitas lebih baik dalam bekerja dan jarang mendapatkan komplein dari klien atau pelanggan.

Studi ini mempelajari bagaimana penerapan konsep sumber daya manusia yang berorientasi pada kreativitas memiliki banyak pelanggan dan klien yang puas.

Studi menyarankan agar perusahaan berinvestasi pada pengembangan kreativitas karyawan di masa depan.

Pengembangan itu bisa berkonsentrasi pada membangun rasa percaya diri karyawan, pelatihan berpikir kreatif, dan teknik menyelesaikan konflik.

Hasil studi memperlihatkan bahwa karyawan yang merasa diprioritaskan justru menghasilkan kinerja yang cemerlang sehingga berujung pada kepuasaan klien pada jasa perusahaan.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Management menunjukkan bahwa perusahaan ritel yang memiliki karyawan kreatif di level manajer mendapatkan penilaian terbaik oleh pelanggan mereka.

“Kita sekarang hidup di lingkungan yang terus berubah. Perusahaan harus beradaptasi dengan perubahan tersebut jika ingin bertahan. Kebanyakan klien menginginkan servis yang personal dan pendekatan kreatif menjadi solusi yang efektif,” urai Dr Ieva Martinaityte.

PenulisKontributor Female, Rakhma
Editor Syafrina Syaaf
SumberScienceofus,
Komentar
Close Ads X