Bisakah Perhiasan Mutiara Jadi Investasi? - Kompas.com

Bisakah Perhiasan Mutiara Jadi Investasi?

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Kompas.com - 16/03/2017, 17:05 WIB
KOMPAS.com/Anggita Muslimah Koleksi perhiasan mutiara dalam Kilau Mutiara dan Pesona Biota Laut Indonesia di Alun-alun Grand Indonesia Jakarta, Rabu (15/3/2017).

KOMPAS.com -- Salah satu pertimbangan wanita saat membeli perhiasan adalah sebagai investasi atau simpanan masa depan. Emas dan berlian adalah pilihan yang paling populer, tetapi bagaimana dengan mutiara?

Nuniek Anurningsih, Pengawas Yayasan Mutiara Laut Indonesia, menjawab pertanyaan ini dalam acara Kilau Mutiara dan Pesona Biota Laut Indonesia di Alun-alun Grand Indonesia Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Dia berkata bahwa perhiasan mutiara belum bisa disamakan dengan emas.

“Industri ini (perhiasan mutiara) masih muda, jadi belum bisa disamakan dengan emas yang bagus untuk investasi,” ujarnya.

Dia melanjutkan, hal ini pun karena emas sudah menempati posisi nomor satu dan menjadi standar di seluruh dunia

Sama halnya seperti berlian, Nuniek mengakui bahwa mutiara dan berlian cukup mudah untuk ditemukan di pasaran dan dibeli. Namun, menjualnya tidak semudah membelinya.

Walaupun demikian, Nuniek tidak menutup kemungkinan bahwa mutiara bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada saat dibeli.

“Jadi kalau dibilang untuk investasi, mutiara yang saya beli 12 tahun yang lalu dengan harga 100 dollar sekrang sudah 1000 dollar,” ucapnya.

Pada intinya, mutiara bisa dijadikan investasi, tetapi tidak sedinamis perkembangan perhiasan emas. Sebab, industri mutiara sendiri di Indonesia masih sangat muda.

PenulisAnggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
EditorShierine Wangsa Wibawa
Komentar
Close Ads X