Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2017, 17:20 WIB

KOMPAS.com - Kita mungkin lebih tahu kapan harus mengganti sepatu atau kemeja kerja. Namun, tak banyak yang paham kapan sebaiknya sikat gigi diganti baru. Padahal, sikat gigi berperan penting dalam kebersihan gigi dan mulut.

Menurut peneliti dari Universitas Manchester, ditemukan lebih dari 200 juta bakteri, termasuk bakteri E.coli dan staphylococci, pada permukaan sikat gigi yang sudah dipakai selama tiga bulan.

Berdasarkan temuan tersebut, ADA (American Dental Association) menganjurkan agar mengganti sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali.

Selain jumlah bakteri yang terus bertambah banyak, sikat gigi yang digunakan lebih dari tiga bulan tidak akan maksimal untuk membersihkan gigi dan bulunya yang megar dapat melukai gusi.

Pada anak-anak, sikat gigi biasanya perlu diganti lebih cepat dari pada saran ADA. Ini karena anak-anak biasanya menyikat gigi dengan keras.

Untuk menjaga kebersihan sikat gigi, cuci sikat gigi dengan air mengalir setelah digunakan. Selalu letakkan sikat gigi dalam posisi berdiri dan tidak menempel dengan sikat gigi lainnya untuk mencegah kontaminasi silang.

Gigi berlubang

Selain masalah cara menyimpan sikat gigi, yang tak kalah penting adalah cara menyikat gigi dengan pasta gigi yang tepat. Dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi mengandung fluoride untuk menguatkan enamel gigi dan zat aktif pencegah asam.

Prevalensi penyakit gigi berlubang akibat infeksi di Indonesia diperkirakan 52,3 persen. Itu karena hanya 2,3 persen penduduk yang menyikat gigi dengan baik dan benar.

Untuk menyebarkan informasi yang tepat mengenai cara merawat gigi, Orang Tua Group melalui produk perawatan gigi dan mulut Formula, melakukan kampanye "Formula untuk Indonesia".

"Sangat penting untuk mengajak masyarakat mengubah kebiasaan yang salah dalam cara dan alat yang digunakan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Mengingat masih tingginya angka permasalahan gigi dan mulut di Indonesia,” Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT, dalam acara kampanye Formula untuk Indonesia di Sukabumi, Jawa Barat (12/3/2017).

Pada acara itu, Formula mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia untuk acara sikat gigi massal berpasangan, ayah dan anak.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com