Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2017, 09:05 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Zumba adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang tak terasa seperti olahraga sama sekali. Tanpa disadari kita sedang berlatih kardio untuk jantung saat latihan zumba.

Seperti diketahui, latihan kardio secara ilmiah terbukti mengangkat suasana hati, menguatkan perut, kaki dan lengan dengan cara membakar banyak kalori.

Namun saat melakukannya terasa menyenangkan seperti sedang berdansa di klub selama satu jam, di mana kita menggerakkan tubuh sesuai dengan irama Latin yang penuh semangat dan sensual.

Saat melakukan gerakan salsa, samba dan merengue selama 60 menit itu, seorang wanita berberat badan 68 kg dapat membakar 599 kalori. Perempuan dengan berat badan 58 kg membakar sekitar 519 kalori dan pemilik berat badan 77 kg membakar 679 kg.

Jumlah kalori terbakar itu setara dengan jumlah yang dibakar saat lari selama 60 menit (sekitar 680 kalori).

Padahal, zumba termasuk kegiatan berintensitas sedang. Jika lebih semangat melakukannya, kita membakar lebih banyak kalori dan menguatkan lebih banyak otot.

Seorang direktur kebugaran dan praktisi zumba melacak kegiatan olahraga mingguannya ini menggunakan monitor detak jantung dengan tali di dada.

Ia secara teratur membakar kalori lebih banyak saat satu jam berlatih zumba dibandingkan lari selama satu jam.

Salah satu sebabnya, saat zumba kita menggerakkan seluruh tubuh dengan ragam gerakan tak hanya gerakan ke depan dan belakang seperti lari. Dengan begitu, kita menggerakkan banyak ragam otot.

Cara menambah intensitas dan pembakaran kalori saat zumba adalah mencoba versi high impact di setiap gerakan.

Dengan begitu, kita loncat lebih tinggi, squat dan lunge lebih rendah, menggerakkan lengan lebih sering. Semakin gembira kita melakukannya, semakin banyak kalori yang terbakar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com