Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2017, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Lemah, letih, dan lesu, adalah sebagian dari gejala anemia yang bisa mengganggu produktivitas. Gejala itu bisa diatasi dengan melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan.

Selain memperbaiki pola makan lebih bernutrisi dan banyak mengandung zat besi, aktif bergerak juga bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan memperlancar aliran darah sehingga gejala anemia bisa berkurang.

"Olahraga bisa meningkatkan efisiensi tubuh untuk mengikat oksigen lebih baik. Jenis olahraga sebaiknya kardio, bisa bersepeda, berenang, atau yang paling mudah jalan cepat," kata dr.Michael Triangto, Sp.KO dalam acara Senam Masal Indonesia Bebas Anemia di TMII, Jakarta (2/4/2017).

Dalam acara tersebut juga diperkenalkan Anemiaction atau senam untuk mengatasi anemia. Gerakannya mencakup peregangan bawah, tengah, dan atas. Gabungan gerakan senam anemiaction ini akan meningkatkan mitokondria yang merupakan generator sel pada tubuh manusia.

Michael menambahkan, karena orang yang menderita anemia cenderung sering mengalami kelelahan, disarankan melakukan olahraga yang ringan dan gerakannya berulang-ulang. Selain itu, orang yang sedang anemia tidak disarankan berolahraga berat.

"Gerakan senam ini tidak menyembuhkan anemia, tetapi sambil menunggu peningkatan kadar hemoglobin dalam darah bisa diatasi dengan melakukan senam," paparnya.

Senam tersebut bisa dilakukan siapa saja. Disarankan untuk melakukannya 4-7 kali seminggu dengan durasi 30 menit setiap senam.

"Tujuannya adalah tubuh menjadi lebih bugar sehingga produktivitas tetap terjaga. Kalau anemia diam saja tidak aktif juga tidak sehat," katanya.

Olahraga merupakan bagian dari seluruh pilar penanganan anemia, yakni mengonsumsi makanan bergizi serta penambahan tablet tambah darah jika diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com