Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2017, 21:28 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Gigi kuat dan putih bersinar dapat meningkatkan kepercayaan diri. Sayangnya, makanan dan minuman kita sehari-hari, seperti kopi dan teh, bisa membuat warna gigi jadi kusam.

Tak perlu merogoh kocek dalam untuk membuat gigi kembali putih. Enam cara alami berikut bisa membantu memutihkan gigi Anda.

1. Baking soda

Bahan pembuat kue ini telah lama digunakan sebagai pengganti pasta gigi. Ini tidak mengherankan, karena memang baking soda dapat membersihkan dan memutihkan gigi.

Struktur kimia baking soda bersifat abrasif ringan. Itu sebabnya, bahan ini efektif dalam menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Baking soda, menurut American Chemical Society, mudah larut dalam air, sehingga memungkinkan baking soda menembus hingga ke tepi gigi dan tempat-tempat yang sulit dijangkau okeh bahan abrasif lainnya.

Namun, karena sifatnya yang abrasif, gunakan sebagai pemutih gigi hanya sekali atau dua kali dalam sebulan.

2. Permen karet

Mengunyah permen karet bebas gula dapat membantu mengurangi kadar bakteri asam yang berbahaya dalam mulut.

Permen karet membantu merangsang produksi air liur yang mengandung surfaktan dan enzim khusus, yang dapat melindungi gigi kita dari pewarnaan.

3. Buah dan sayuran segar

Ngemil wortel mentah, seledri, dan apel adalah cara abrasif alami untuk membersihkan enamel gigi tanpa menyebabkan kerusakan.

Dr Jeff Golub-Evans, dokter gigi di New York City, mengatakan, "Makanan yang tinggi dalam selulosa seperti seledri, wortel, dan apel dapat bertindak sebagai agen abrasif alam yang berguna untuk membersihkan gigi dan menghilangkan noda secara alami.”

4. Keju

Makan keju atau produk susu lainnya, baik untuk kesehatan gigi karena mereka mengandung kalsium yang tinggi yang penting untuk menjaga gigi tetap kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com