Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2017, 19:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com -- Salah satu topik yang dianggap tabu di kantor adalah gaji. Tidak jarang juga perusahaan melarang karyawannya memberitahu orang lain mengenai gaji yang diterima.

Namun, seorang pakar finansial dan pendiri Lexion Capital, Elle Kaplan, berkata bahwa Anda dan rekan perlu atau bahkan harus berani bicara soal gaji secara terbuka.

“Seperti pepatah bahwa pengetahuan adalah kekuatan, mengetahui gaji rekan akan membantu Anda mengetahui nilai diri Anda yang sebenarnya di kantor. Dari sana, Anda akan bisa membuat berbagai langkah dan rencana untuk memperkuat kemampuan finansial Anda sendiri,” ucapnya.

Hal ini menjadi semakin penting di Indonesia karena kita belum memiliki data keras mengenai rata-rata gaji untuk suatu posisi di sebuah perusahaan.

Sementara itu, negara-negara lain seperti Australia memiliki kalkulator online resmi yang memberikan perkiraan gaji yang sesuai berdasarkan daerah, perusahaan, pengalaman, dan edukasi.

“Transparansi mengenai pendapatan kini menjadi semakin kekinian,” kata pakar karier generasi millenial, Jill Jacinto.

Walaupun tidak mudah untuk dilakukan, Kaplan berkata bahwa bersikap berani untuk diri Anda sendiri dan mengetahui nilai Anda yang sebenarnya, baik secara profesional dan finansial, adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri Anda sendiri.

Dia menambahkan, tidak akan pernah ada waktu yang benar-benar tepat untuk memulai pembicaraan ini atau meminta kenaikan gaji untuk pendapatan yang lebih manusia. Oleh karena itu, Anda harus mulai dari sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com