Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2017, 16:09 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber menshealth

KOMPAS.com -- Anda mungkin sudah tahu bahwa minuman bersoda, permen, dan cokelat sering kali mengandung kadar gula yang dilarang oleh dokter. Namun, ternyata menghindari manisan saja tidak cukup untuk menjaga kadar gula Anda berada di tingkat yang aman.

Sebab, tanpa Anda sadari, ada makanan dan minuman yang diam-diam mengandung gula tambahan. Berikut uraiannya:

1. Daging asap, ham, dan sosis

Walaupun tidak dikategorikan sebagai makanan manis, nyatanya banyak daging asap, ham, atau sosis yang mengandung gula dalam bentuk madu, dextrose, atau maltodextrin.

Edwina Clark, RD, kepala nutrisi dan kesehatan di Yummly mengatakan, produk-produk ini juga mengandng pewarna buatan, perasa buatan, dan pengawet seperti nitrit, nitrat, dan sodium benzoat.

2. Granola dan protein bar

Walaupun sekilas tampak menyehatkan dan mengandung bahan-bahan organik, Tracy Lehst, MS, RD, seorang pakar diet dari Manhattan, meminta Anda untuk lebih teliti ketika memilih.

“Beberapa protein bar bahkan mengandung begitu banyak gula seperti manisan,” ujarnya.

3. Yogurt

Makanan yang sering kali didapuk sebagai makanan sehat ini ternyata juga mengandung banyak gula. Terutama yogurt dengan rasa yang rendah lemak, Lehst berkata bahwa mereka sering kali diisi dengan sirup gula untuk meningkatkan rasanya.

Daripada membeli yang sudah berasa, Lehst menyarankan untuk membeli yogurt polos dan menambahkan buah, kacang-kacangan, dan satu sendok teh madu.

4. Jus

Meskipun mustahil bagi Anda untuk memakan empat jeruk sekaligus dalam waktu satu menit, tetapi satu gelas jus jeruk berasal dan mengandung gula dari dua hingga empat jeruk.

Lehst juga berkata bahwa untuk membuat rasanya semakin menarik, banyak produsen jus yang menambahkan gula dalam produk mereka.

5. Selai kacang

Ada alasan mengapa selai kacang membuat Anda ketagihan. Clark berkata bahwa kebanyakan selai kacang komersil mengandung gula, madu, atau sirup tebu.

Untuk itu, dia pun menyarankan Anda untuk membeli selai kacang yang 100 persen terbuat dari kacang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com