Inikah Pensiunan dengan Tubuh Terbugar di Dunia? - Kompas.com

Inikah Pensiunan dengan Tubuh Terbugar di Dunia?

Kontributor Female, Rakhma
Kompas.com - 21/04/2017, 15:07 WIB
Charles Eugster

KOMPAS.com -- Di usianya yang ke-87, Charles Eugster bergabung dengan klub Body Builder. Kini, 10 tahun telah berlalu dan dia tidak pernah menyesali keputusannya.

Diwawancarai oleh Telegraph, dia berbicara blak-blakan mengenai transformasi tubuhnya.

"Pada usia 63 tahun, aku tiba-tiba mendapatkan sebuah pencerahan," ujarnya. Eugster lalu bercerita bahwa pada pagi itu, dia melihat ke cermin dan menyadari bahwa dia telah menjadi gumpalan daging yang botak.

"Hal itu merayap begitu lambat dan aku tidak menyadari hingga sudah terjadi," katanya

Padahal, Eugster selalu menjalani gaya hidup yang sehat. Selagi masih kuliah, dia aktif mendayung. Dia juga bergabung dengan angkatan tentara di Swiss. Jadi, dia merasa sangat percaya diri akan kebugarannya.

Namun, pada tahun 1984, Eugster mendalami ilmu kedokteran gigi dan membangun sebuah keluarga kecil dengan istrinya dan dua anaknya. Akibatnya, waktu olahraga Eugster pun berkurang.

Rutinitas kesehariannya berubah menjadi pergi ke tempat praktek untuk merawat gigi pasien hingga ketika dia pensiun di usia 75.

Namun, pada hari tuanya, Eugster tidak menyukai apa yang dilihatnya dalam cermin. Selain itu, dorongan untuk kembali berolahraga pun diawali dengan kepergian istri keduanya yang merupakan cinta dalam hidupnya.

Untuk mengatasai kesedihan tersebut, Eugster memilih untuk melampiaskannya dengan banyak berlatih mendayung. Latihan itu kembali dia tekuni pada tahun 2001 silam.

Ternyata, konsentrasi dan dedikasi Eugster dalam mendayung terbayarkan dengan memperoleh 40 medali emas pada World Rowing Masters.

Tubuh Eugster juga menjadi semakin bugar. Namun, dia masih merasa tidak puas karena kulitnya yang kendur dan bokongnya tampak mengerikan.

Dia pun memutuskan untuk menggeluti latihan binaraga pada usia 87 tahun dengan bantuan pelatih pribadi.

Kini, Eugster telah berhasil menurunkan bobot sebanyak 12 kilogram dalam waktu satu tahun dan perutnya berbentuk six pack.

“Sekarang, saya adalah pemegang rekor inggris di lima pertandingan atletik untuk usia 95 tahun ke atas. Saya juga pemegang rekor lari dengan jarak 200 hingga 400 meter. Aku bisa berlari 200 meter dalam waktu 55,53 detik,’’ ujarnya.

Eugster yang tidak pernah puas lalu berkata bahwa dia masih punya banyak target sebelum mencapai umur 100 tahun. Dia ingin memecahkan rekor dunia untuk berlari 60 meter dalam ruangan. Rekor sebelumnya mencatat waktu 14,28 detik.

PenulisKontributor Female, Rakhma
EditorShierine Wangsa Wibawa
Sumbertelegraph
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM