Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2017, 17:45 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com - Penelitian sebelumnya telah menunjukan, membaca buku membuat Anda lebih bahagia dan hidup lebih lama.

Kini, penelitian terbaru membuktikan bahwa membaca buku juga bisa membantu pria menjadi ayah yang lebih baik, demikian menurut sebuah studi baru di Journal of Clinical Child & Teen Psichology.

Mendorong para ayah untuk membacakan buku kepada anak-anak mereka yag berusia prasekolah tidak hanya memberi manfaat pada anak-anak, tapi juga meningkatkan kemampuan mengasuh anak pada saat bersamaan.

Sementara banyak penelitian serupa berfokus pada ibu, para ilmuwan dari New York University memutuskan untuk memelajari sejumlah responden pria.

Peneliti merekrut 126 ayah dari pusat pendidikan di seluruh kota untuk berpartisipasi dalam sesuatu yang disebut "program kesiapan sekolah".

"Ketika seseorang mengatakan bahwa mereka sedang mengikuti kursus pengasuhan anak, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah, 'Apa yang salah dari cara mengasuhnya?'" kata Anil Chacko, penulis studi kepada NPR.

Para peneliti meminta responden untuk melihat dan mendikusikan video ayah lain yang sedang membacakan buku pada anak-anka mereka. Kemudian, semua responden ayah diminta untuk mempraktikannya di rumah dengan anak-anak.

Selanjutnya, setelah delapan minggu uji coba, para peneliti melaporkan pengaruh hasil eksperimen pada nilai akademis anak.

Hasilnya, anak-anak prasekolah memperoleh nilai 30% lebih tinggi pada tes yang mengukur perkembangan bahasa dan kesiapan sekolah.

Sementara itu, untuk para ayah mengalami perbaikan gaya pola asuh sebanyak 30 persen, seperti membangun rutinitas, memberi penghargaan pada perilaku yang baik dan jarang menghukum anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com