Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Sepatu di Dalam Rumah Bisa Sebarkan Bakteri dan Racun

Kompas.com - 25/04/2017, 08:27 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Periset dari Universitas Houston mengatakan, bahwa sepatu yang Anda kenakan untuk berpergian ke luar rumah penuh dengan bakteri berbahaya yang bisa membuat Anda sakit, lapor Daily Mail.

Seperti yang dijelaskan dalam studi, bakteri bisa dengan cepat berkembang biak dan menyebar ke seluruh rumah, membuat Anda dan keluarga rentan mengalami masalah perut seperti diare.

Profesor Kevin Garey mengatakan, "Sungguh menakjubkan seberapa banyak bakteri dan serangga yang di bawa manusia ke rumah melalui sepatu yang dikenakan sepanjang hari.”

Menurut temuan yang meneliti 2.500 sampel, sekitar seperempat sol sepatu diuji positif terhadap serangga yang bisa menyebabkan kram perut yang menyakitkan.

Tahun lalu, University of Arizona mempelajari bakteri pada sepatu dan menemukan bahwa 440.000 unit bakteri mampu menempel dan hidup pada sol sepatu dalam waktu dua minggu. Dan menurut para peneliti, bakteri berkembang lebih baik pada sepatu ketimbang toilet.

Dalam studi di Arizona, seorang relawan berjalan di atas lantai yang bersih untuk melihat apakah bakteri akan masuk ke rumah.

Mereka menemukan bahwa 90 persen bakteri mencemari lantai, yang berarti ubin yang baru saja Anda bersihkan atau karpet yang Anda vakum langsung menjadi sarang bakteri.

"Selain bakteri, sepatu juga bisa membawa racun ke dalam rumah," tambah Carolyn Forte, direktur Laboratorium di Good Housekeeping Institute.

Melepas sepatu sebelum masuk rumah adalah pilihan terbaik dan berjalan tanpa sepatu di dalam rumah juga akan membuat otot kaki lebih kuat, di samping lebih rileks.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com