Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Suami, Dukunglah Istri Anda untuk Memakai Kontrasepsi

Kompas.com - 27/04/2017, 17:41 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Kontrasepsi sering dipandang sebagai urusan kaum perempuan saja. Padahal, pada akhirnya metode kontrasepsi yang dipilih tersebut untuk kepentingan keluarga juga.

Dukungan para suami untuk pasangannya dalam ber-KB, sangat penting. Apalagi proses kehamilan, persalinan, dan mengasuh anak bukanlah proses yang mudah. Oleh karenanya, setiap kehamilan seharusnya memiliki perencanaan.

"Suami sering tidak sadar bahwa metode KB yang akan dipilih akan digunakan untuk berdua juga," kata Aditya A.Putra, GM Family Planning & Reproductive Health DKT Indonesia.

Ia mengatakan, ada banyak cara dukungan yang bisa diberikan suami, namun yang paling penting adalah ikut mencari informasi mengenai metode KB yang ada.

"Istri memang bisa saja berkonsultasi dengan bidan atau dokter, tetapi suami juga perlu tahu dan peduli sehingga bisa memberi masukan," kata Aditya.

Apa pun tujuan pakai kontrasepsi, menunda, menjarangkan kehamilan, atau tidak ingin hamil lagi, ada berbagai metode yang bisa dipilih sesuai tujuan dan juga riwayat kesehatan.

"Suami jangan hanya terserah-terserah saja, tapi juga memberi informasi yang tepat sehingga istri lebih mantap memakai kontrasepsi," ujarnya.

Pemakaian kontrasepsi merupakan bagian dari perencanaan keluarga yang ideal. "Banyak manfaat dari merencanakan keluarga, antara lain hubungan suami istri lebih harmonis, ibu yang mengasuh dan mendidik anak juga akan lebih maksimal, serta masih memiliki waktu berkualitas untuk dirinya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com