Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Berhenti Olahraga

Kompas.com - 02/05/2017, 07:19 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Walau olahraga sudah menjadi rutinitas, ada kalanya kita terpaksa cuti panjang dari kegiatan menyehatkan ini. Bisa karena cidera, menderita penyakit, atau tak bisa mencari waktu di tengah padatnya aktivitas.

Atlet pun terkadang mengalami periode di mana mereka tidak bisa berlatih olahraga. Namun, berapa lama jeda yang boleh kita lakukan sebelum terjadi perubahan pada fisik?

Bagian tubuh yang pertama-tama mengalami dampak dari cuti olahraga ini adalah sistem pembuluh darah dan jantung (kardiovaskular). Saat kita berhenti melakukan latihan kardio selama 10-12 hari, volume pukulan, kapasitas olahraga dan output jantung akan menurun.

Pengukuran standar untuk penggunaan oksigen, VO2 max, juga akan turun sampai 20 persen dalam dua minggu.

Dampaknya akan sangat terasa ketika kita akan mulai berolahraga lagi. Penelitian menunjukkan, penurunan V)2 max akan mencapai level dasar setelah 8 minggu tidak aktif.

Untuk atlet, penurunannya sekitar 25 persen setelah jeda 3 minggu. Jumlah itu signifikan untuk mereka yang harus melakukan kompetisi olahraga.

Perubahan pada massa otot biasanya baru tampak setelah 3 minggu jeda latihan beban. Pada atlet, mereka baru akan mengalami perubahan setelah 4 minggu, kecuali jika mereka memang butuh kekuatan dan koordinasi yang kuat, penurunannya akan terjadi dalam 2 minggu. Massa otot akan berkurang dalam 2-3 minggu.

Sebagian orang menganggap ketika kita berhenti olahraga, bukan otot yang hilang, tetapi air dan glikogen (cadangan energi di otot). Kadar glikogen memang akan turun sampai 50 persen dalam dua minggu.

Sebuah penelitian menunjukkan, setelah 3 minggu akan terjadi penurunan otot 1,5 pound karena berkurangnya air.

Meski otot terlihat lebih kecil, tetapi faktanya hal itu terjadi karena berkurangnya cairan. Namun, faktor usia berpengaruh besar pada seberapa banyak otot yang hilang. Makin tua usia, makin cepat penurunannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com