Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilihan Jenis Sabun Cerminkan Tingkat Kesadaran Kesehatan

Kompas.com - 03/05/2017, 11:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal sabun mandi, sejak bayi kita sudah dikenalkan dengan benda yang bisa menghasilkan busa dan berfungsi untuk membersihkan serta membunuh kuman yang menempel di badan ini.

Terdapat macam-macam jenis sabun mandi, mulai dari sabun batangan, sabun cair sampai sabun berbentuk gel yang memiliki kegunaan yang sama yakni membersihkan serta membunuh kuman.

Namun, siapa sangka jika benda yang mampu menghasilkan busa tersebut bisa mencerminkan tingkat kesadaran ibu akan kesehatan, serta mencerminkan seberapa tinggi strata sosial seorang ibu.

Senior Brand Manager Lifebuoy PT Unilever Indonesia Tbk, Evan Rickyanto mengatakan, melalui consumer study yang dilakukannya, didapatkan hasil yang menunjukkan, seiring bertumbuhkan kesadaran masyarakat akan kesehatan, timbul juga kebiasaan untuk hidup sehat salah satunya cuci tangan dengan sabun cair.

"Cuci tangan itu sekarang orang lebih banyak memakai sabun cair. Berdasarkan kemampuan ekonomi, ketika memiliki uang lebih maka memilih yang lebih praktis maka dia beralih ke sabun cair," kata Evan di Jakarta.

Artinya, seorang ibu yang tingkat pemahaman kesehatannya makin tinggi dan kemampuan finansialnya makin tinggi juga, maka ibu cenderung untuk memilih sabun cair ketimbang sabun batangan. Disamping lebih praktis, sabun cair ini tidak langsung tersentuh tangan.

"Yang kita temukan adalah, ibu yang sadar akan kesehatan dan sosial class nya lebih tinggi itu biasanya sabun cairnya lebih banyak, tingkat atas itu penggunaan sabun cairnya lebih besar," tutur Evan.

Namun demikian, jika dilihat secara medis, kandungan dan fungsi sabun mandi baik itu batangan maupun cair memiliki fungsi yang sama yakni membersihkan serta membunuh kuman yang menempel di badan.

"Secara medis kandungan dan fungsinya sama," ucap Dr Ariani Dewi Widodo Sp.A.

Menurut dokter spesialis anak ini, memang penggunaan sabun mandi bisa membedakan tingkat kesadaran ibu akan kesehatan serta kemampuan finansialnya. Terbukti, jika seorang ibu yang tingkat kemampuan finansialnya tinggi, dirinya kerap melakukan traveling membawa serta buah hatinya, dan pada saat traveling tersebut dirinya lebih nyaman membawa sabun cair ketimbang sabun batangan.

"Yang suka sabun cair itu biasanya golongan yang modern, yang suka traveling, enggak suka bawa sabun batangan," tutur Ariani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com