Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2017, 20:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Senam jantung sehat menjadi senam wajib bagi masyarakat peserta Car Free Day (CFD). Di Medan, acara rutin tiap minggu pagi ini dilaksanakan di Lapangan Merdeka Medan. Acara senam didominasi warga paruh baya, namun karena dirasa bermanfaat untuk kesehatan jantung, angka keikutsertaan kalangan muda pun terus bertambah.

"Durasinya sekitar 30 menit, senam ini bagus untuk menjaga kesehatan jantung, terutama bagi para lanjut usia. Sebab pertambahan usia menyebabkan performa jantung semakin berkurang, maka perlu dilakukan perawatan," kata Ketua Umum Yayasan jantung Indonesia (YJI) Cabang Sumatera Utara, Rita Maharani, Senin (8/5/2017).

Istri dari Wali Kota Medan ini mengajak masyarakat agar hidup sehat dengan berolahraga. Supaya hasilnya optimal, senam sebaiknya dilakukan rutin dan waktu pagi hari sebab udara masih segar dan baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, tidak dibutuhkan peralatan olahraga pendukung, cukup dengan pakaian olahraga dan pakai sepatu saja.

“Ayo senam jantung, gerakan senam ini juga dapat menghilangkan trigliserida dari aliran darah yang merupakan penyebab kegemukan tubuh,” ajaknya.

Penyumbatan pada pembuluh darah terjadi akibat kolesterol dan lemak, inilah yang menyebabkan terjadinya berbagai penyaki berat seperti jantung koroner dan stroke. Untuk mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah maka harus rutin mengikuti senam.

“Saya mengajak seluruh warga untuk meluangkan waktunya mengikuti senam jantung. Tidak lama, hanya setengah jam. Lebih baik mencegah dari pada mengobati,” pesan Rita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com