Ini Rahasia Tubuh Lebih Muda 9 Tahun - Kompas.com

Ini Rahasia Tubuh Lebih Muda 9 Tahun

Wisnubrata
Kompas.com - 12/05/2017, 12:27 WIB
oneinchpunch Berlari di luar ruang

Salah satu rahasia untuk menghambat penuaan ternyata ada pada diri Anda sendiri, yaitu berolahraga. Menurut hasil penelitian dari Brigham Young University, olahraga dengan frekuensi tinggi bisa memperlambat penuaan sel tubuh.

Dalam study itu, peneliti menganalisa kegiatan dari 5.823 orang dewasa selama 30 hari, kemudian mengukur panjang telomere mereka. Telomere adalah ujung DNA yang melindungi kromosom kita. Telomere ini akan menjadi lebih pendek seiring bertambahnya usia, dan telomere yang pendek sering dikaitkan dengan resiko kesehatan seperti kanker.

Peneliti menemukan bahwa orang-orang yang sangat aktif –dengan kegiatan setara jogging 40 menit selama 5 hari tiap minggu—memiliki telomere yang lebih panjang dibanding mereka yang aktivitasnya sedang atau rendah.

Panjang telomere itu sebanding dengan umur biologis 9 tahun lebih muda dibanding mereka yang tidak aktif, dan 7 tahun umur biologi lebih muda dibanding yang aktivitasnya sedang.

“Bila Anda ingin mendapatkan hasil yang sesungguhnya dalam memperlambat umur biologi, sepertinya Anda harus berolahraga dengan frekuensi lebih tinggi, karena olahraga sekedarnya tidak akan memberi dampak signifikan,” ujar salah satu peneliti, Larry Tucker Ph.D.

Meski demikian, kegiatan fisik bukanlah satu-satunya penentu umur biologi seseorang. Jenis makanan, gaya hidup, dan tingkat stres juga memberi pengaruh.

Baca: Berlari Satu Jam dalam Seminggu Bisa Perpanjang Usia

PenulisWisnubrata
EditorWisnubrata
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM