Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2017, 12:33 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Setiap orang menyukai senyuman manis. Senyuman juga dapat menarik perhatian orang, sehingga foto orang tersenyum biasa dipakai untuk iklan, mulai dari pasta gigi sampai sedan mewah.

Meski demikian, senyuman yang memperlihatkan deretan gigi putih itu ternyata tak selalu membuat kita terlihat lebih muda dan menarik. Menurut sebuah studi, efeknya justru sebaliknya.

Dalam studi yang dilakukan tim dari Western University di Ottawa, Kanada, terungkap bahwa foto seseorang yang tersenyum tampak bahagia ternyata dinilai lebih tua dari usia sebenarnya.

Penelitian itu melibatkan 70 pria dan wanita yang diperlihatkan 140 foto orang dengan ekspresi positif dan eskpresi netral. Kemudian responden diminta menebak usia orang di foto tersebut.

Responden juga ditanya apakah senyuman secara umum membuat seseorang terlihat lebih tua, lebih muda, atau tak berpengaruh pada usia. Hasilnya, mayoritas menjawab bahwa senyuman membuat seseorang terlihat lebih tua.

"Para partisipan studi ini sebenarnya memiliki persepsi bahwa senyuman akan membuat seseorang terlihat lebih muda. Tapi, faktanya tersenyum membuat wajah terlihat lebih tua," kata Melvyn Goodale, peneliti.

Dalam penelitian kedua, tim peneliti melakukan lagi cara seperti yang pertama tetapi memasukkan ekspresi ketiga, yakni ekspresi terkejut. Sekali lagi, responden menilai senyuman membuat wajah terlihat tua, sementara ekspresi kaget memberi efek lebih muda.

Menurut Goodale, kerutan yang timbul di sekitar wajah saat kita tersenyum mungkin membuat penampilan tampak lebih tua. Sebaliknya, saat terkejut, garis senyuman itu memudar sehingga wajah terlihat muda.

Meski begitu, jangan ragu untuk tersenyum. Masih banyak manfaat positif dari menghiasi wajah dengan senyuman. Misalnya saja tampak lebih ramah dan juga membuat pernikahan awet. Dengan kata lain, jangan takut terlihat tua karena senyuman bisa menjadi modal untuk hidup lebih bahagia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com