Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2017, 08:12 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Kerap terganggu dengan uap vape atau rokok elektrik? Bisa jadi pengguna vape itu tak beretika. Sebab, bagi pengguna vape, ada etika yang seharusnya dilakukan, meskipun tidak tertulis dalam buku.

“Kita sebagai vapers (pengguna vape) harus menjaga norma kesopanan juga, ketika kita merokok di tempat umum atau vapping di tempat umum,” kata Pemilik toko vape Vappening, Egy Pranata Asprian kepada Kompas Lifestyle di Tangerang, Jumat (12/5/2017).

Pengguna vape, kata Egy, harus lebih dulu melihat sekeliling sebelum vapping. Tujuannya untuk melihat apakah ada anak kecil atau uap yang dihasilkan akan menggangu orang sekitar atau tidak. Kemudian, saat berbicara tatap muka dengan seseorang, maka vaper tak boleh menghembuskan uap langsung ke depan.

“Buang uap tersebut ke bawah atau ke samping,” kata dia.

KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA vape atau rokok elektrik
Saat hendak membuang ke kanan atau kiri, pastikan orang sekitar juga tak terganggu. Sebab, uap vape cenderung lebih banyak dari rokok. Apalagi tidak semua orang paham soal uap vape. Tak sedikit orang yang mengganggap uap vape berbahaya.

“Maka dari itu kita juga harus jaga norma kesopanan, etika dan harus menghargai lah dan menghormati orang sekitar, buang uap jangan sembarangan,” kata dia.

Adapun soal tempat khusus, Egy mengatakan, satu-satunya tempat khusus adalah vape shop atau toko vape. Di situ para vaper bebas menghembuskan uap tanpa khawatir akan menggangu orang sekitar.

“Dan mereka biasa buat komunitas sendiri berkumpul di mana dan notabene mereka vapping di situ, mereka booking di situ dan uap mereka gak mengganggu,” ujar Egy. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com