Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Persiapan Sang Juara 5K Konimex Run for Health

Kompas.com - 14/05/2017, 14:33 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

SURAKARTA, KOMPAS.com - Lari 21 kilometer atau half marathon yang diadakan PT Konimex Indonesia dengan tema Run for Health hari ini, Minggu (14/5/2017) resmi digelar. Untuk memperingati hari ulang tahunnya ke 50, event lari pertama kali yang diadakan perusahaan farmasi ini diikuti sekitar 2.500 peserta yang berasal dari berbagai daerah dengan latar belakang berbeda-beda.

Direktur PT Konimex, Rachmadi Joesoef mengatakan, ke 2.500 peserta tersebut terbagi dalam empat kategori. Pertama, peserta half marathon sejauh 21 kilometer diikuti 607 orang, untuk 10 kilometer diikuti 997 peserta, untuk 5 kilometer diikuti 696 peserta dan 200 peserta anak-anak ikut dalam start kids fun run.

"Untuk kategori 21 K dimulai pukul 05.05 WIB. Setelah itu, kategori 10 K dimulai pukul 5.20 WIB dan kategori 5K dimulai pukul 5.35 WIB. Selanjutnya pukul 08.00 WIB mulai untuk anak-anak," kata Rachmadi.

Bukti bahwa olahraga lari bisa dinikmati semua orang, dari 696 peserta kategori 5K, salah satu pegawai PT Kereta Api Indonesia (Persero) bernama Yusuf berhasil mencapai garis finis di posisi pertama mengalahkan para pelari lainnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pelari-pelari maupun penggiat lari turut serta dalam kategori lari 5K. Namun, dalam kesempatan ini, Yusuf berhasil mendahului para peserta lainnya. Dengan nomor peserta 622 yang ditempel pada bagian depan kaosnya, Yusuf memilih untuk mengikuti kategori 5K. Di kategori ini, dirinya berhasil mencatatkan waktu 18 menit 20 detik sampai garis finis.

"Hitungan di jam tangan saya 18 menit 20 detik," tutur Yusuf yang mengaku masih berusia 23 tahun ini.

Meski bukan seorang profesional, namun Yusuf menyadari harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Yang dilakukan Yusuf adalah tidur cukup, sarapan ringan dengan memakan roti dan melakukan pemanasan kaki 30 menit sebelum berlari.

Selain itu, jika memiliki waktu kosong, Yusuf kerap melakukan lari di sekitaran tempat tinggalnya di Klaten, Wonosari Jawa Tengah selama 30 menit. "Persiapan bangun subuh, minum, makan ringan seperti roti, pemanasan. Kalau waktu longgar lari-lari kecil di sekitar rumah," ucap Yusuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com