Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Ciptakan Masa Tua Berkualitas Sekarang Juga

Kompas.com - 19/05/2017, 18:29 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi tua itu pasti, namun menjalankan masa tua dengan kondisi badan sehat atau sakit-sakitan adalah sebuah pilihan.

Berpikir bahwa umur sudah diatur oleh sang pencipta adalah suatu hal yang wajar, namun alangkah lebih bijak jika kita juga mempersiapkan masa tua sedini mungkin untuk bisa menikmatinya di kemudian hari.

Tentu kita tidak menginginkan anak cucu kita terbebani mengurus orang tua yang sakit-sakitan. Meskipun, sudah menjadi kewajiban bagi anak untuk merawat dan menyayangi orang tua yang sudah mulai renta untuk menikmati sisa-sisa hidupnya.

Prof.Dr.dr.Siti Setiati, SpPD-KGer, M.Epid, FINASIM berbagi tips agar kita bisa menikmati masa tua dengan kondisi badan yang sehat. "Kita tinggal pilih, mau menikmati usia lanjut dengan kondisi sehat atau usia lanjut yang sakit-sakitan," kata Prof Atiek begitu sapaan akrabnya di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

ViktorCap Menjadi tua dan tetap sehat
Tips pertama, berusaha lah mengatur berat badan untuk tidak terlalu gemuk atau tidak terlalu kurus.

Tips kedua, mulailah mengatur pola makan agar seimbang. Perbanyak makan sayur-sayuran, buah-buahan atau makanan-makanan yang tanpa bahan pengawet atau perasa buatan.

Tips ketiga, mulailah mengembangkan hobi. Jika Anda hobi memasak, menjahit, nyanyi, dansa atau sebagainya maka lanjutkanlah. Karena hobi yang dijalani dengan hati akan mengurangi tingkat stres.

Tips keempat, setiap bangun tidur di pagi hari, disarankan untuk menggerakan badan dengan cara berolahraga kecil selama 30 menit yang rutin dilakukan 5 kali dalam seminggu.

Tips kelima, yang tak kalah pentingnya adalah tingkatkan iman dan taqwa. Berprasangka buruk terhadap orang lain hanya akan memperburuk suasana hati. Maka dari itu disarankan untuk selalu berfikiran positif dalam setiap menghadapi suatu keadaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com