Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2017, 17:04 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber TIME

KOMPAS.com – Berenang merupakan salah satu kegiatan berolahraga yang mengasyikkan. Tak sedikit orang yang juga menjadikannya sebagai rekreasi. Sebab, selain menyegarkan dan seru, renang juga memiliki banyak manfaat.

Menurut Hirofumi Tanaka, seorang profesor kinesiologi dan direktur Cardiovascular Aging Research Lab di University of Texas, berenang itu membuat tulang dan otot Anda bergerak dengan hambatan gravitasi.

Kondisi itu membuat berenang menjadi olahraga ideal untuk mereka yang menderita osteoarthritis.

Berdasarkan penelitian Tanaka tentang orang-orang dengan kondisi tersebut, berenang mengurangi arteri yang kaku dan risiko mengalami masalah jantung.

Lebih banyak penelitiannya telah menghubungkan pelatihan berenang dengan tekanan darah rendah di antara orang-orang dengan hipertensi.

Tanaka mengatakan, manfaat dan daya apung air juga menarik bagi orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, karena latihan aerobik beban seperti berlari mungkin terlalu berat atau tidak nyaman.

Namun, Anda harus pahami bahwa tubuh bekerja lebih keras saat Anda berada di kolam renang.

Sebab, air lebih padat daripada udara, sehingga bergerak melalui H2O memberi tekanan eksternal lebih banyak pada anggota tubuh daripada latihan di luar air.

Kabar baik lainnya, tekanan tersebut terdistribusi secara merata sehingga tidak hanya membebani lutut, pinggul, atau anggota tubuh lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TIME

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com