Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2017, 15:20 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com -  Rata-rata seorang manager HRD (human resources management) hanya butuh waktu 6 detik untuk menentukan apakah CV yang Anda kirimkan layak dibaca atau tidak. Selanjutnya hanya ada dua pilihan, Anda akan dipanggil untuk wawancara atau CV Anda hanya akan ditumpuk bersama berkas-berkas yang tak terpakai.

Itu sebabnya, mempersiapkan resume sebaik dan seefektif mungkin adalah langkah pertama untuk meraih impian Anda bekerja di perusahaan yang diidam-idamkan.

Berikut adalah beberapa tips yang dilansir dari laman Business Insider untuk membuat resume yang akan dilirik oleh HRD.

- Buatlah ringkasan singkat yang isinya mengapa Anda tertarik pada pekerjaan yang ditawarkan. Tidak perlu terlalu panjang, satu paragraf saja namun sudah mencakup alasan mengapa Anda merupakan kandidat yang tepat.

- Jangan menuliskan pengalaman kerja yang tidak relevan dengan posisi yang Anda incar. Mungkin Anda memiliki keahlian memasak atau membuat minuman yang enak di restoran tempat Anda bekerja sebelumnya. Namun, jika Anda melamar pekerjaan sebagai staff perbankan misalnya, maka pengalaman tersebut tidak perlu dicantumkan.

"Hanya tampilkan pengalaman jika berkaitan dengan posisi yang Anda lamar," kata pakar dan pendiri perusahaan konsultan karir, Alyssa Gelbard.

- Yang perlu menjadi fokus adalah pencapaian atau prestasi Anda yang relevan dengan posisi yang dilamar.

- Kirimkan data diri Anda selengkap mungkin. Namun, disarankan untuk tidak mencantumkan status perkawinan dan agama. Tujuannya, agar informasi tersebut tak menyebabkan diskriminasi yang akan menghambat proses pemanggilan interview.

- Cantumkan alamat tempat tinggal dan sertakan nomor telepon lebih dari satu nomor telepon. Pastikan nomor ponsel yang Anda miliki selalu dibawa kemana pun agar kesempatan panggilan wawancara tidak sampai terlewat.

- Jangan pernah berbohong tentang pengalaman kerja yang pernah Anda jalani. Rosemary Haefner, kepala personalia sumber daya manusia di CareerBuilder mengatakan, kebohongan akan menyusahkan Anda ketika benar-benar diterima di perusahaan tersebut.

Kemampuan seseorang akan tampak ketika dirinya menjalani masa percobaan di setiap pekerjaan. Pada umumnya setiap perusahaan memberlakukan masa percobaan dalam kurun waktu tertentu untuk mengangkat atau memutus hubungan kerja.

- Hal lain yang musti diperhatikan adalah, hapus tahun kelulusan dan buatlah format tulisan yang konsisten.

Selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com