Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2017, 17:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Pertemuan Paus Fransiskus dengan Presiden Donald Trump dan keluarganya di Vatican Roma, menjadi perhatian dunia. Selain wajah muram Paus, salah satu alasannya adalah pilihan busana Melania dan Ivanka Trump yang serba hitam.

Melania dan Ivanka memilih gaun hitam dan kerudung hitam. Gaun Melania merupakan rancangan Dolce & Gabbana.

Meski dalam audiensi dengan Paus Fransiskus tidak pernah diterapkan aturan dress code untuk wanita, tetapi kebanyakan tamu-tamu mengikuti protokol berbusana yang konservatif dan sudah berlaku sejak lama.

Menurut tradisi, wanita harus memakai gaun hitam minimal melebihi lutut dan lengan panjang, lengkap dengan penutup kepala hitam (mantila) bila ingin bertemu Paus.

Huffington Post Presiden Obama dan Paus Benediktus di Vatican.
Hanya segelintir wanita yang memiliki keistimewaan "privilege du blanc" atau keistimewaan memakai putih. Ini berarti mereka diperbolehkan memakai baju putih pada momen-momen penting yang mereka pilih.

Menurut World Heritage Encyclopedia, Ratu Italia, Belgia, dan Spanyol, grand duchesses of Luksemburg, dan puteri dari keluarga bangsawan House of Savoy memiliki privilege du blanc di Vatican.

Para wanita dari keluarga bangsawan tersebut memiliki satu kesamaan: mereka adalah bangsawan penganut Katolik. Meski begitu, tidak semuanya otomatis menikmati keistimewaan itu.

Huffington Post Paus Fransiskus menerima kunjungan Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol. Sebelum menjadi ratu, Letizia juga memakai gaun hitam saat bertemu Paus.
Di era modern ini, para ibu negara, ratu, dan puteri, juga tetap mengikuti aturan ketat dalam hal berbusana di Vatican.

Pada tahun 2013, Ratu Rania dari Jordania juga menggunakan gaun hitam saat bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatican. Aturan ini agak longgar jika pertemuan dilakukan di tempat lain. Misalnya saja seperti Ratu Rania memilih baju putih saat menyambut Paus di Jordania.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com