Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2017, 09:12 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

Sumber Fatherly

KOMPAS.com - Setiap orang tua selalu berusaha untuk terlihat adil dalam memberikan perhatian kepada anak-anaknya. Namun, hasil studi Emory University yang dilakukan oleh Jennifer Mascaro mendapati bahwa seorang ayah cenderung memberikan perhatian lebih ke anak perempuannya.

"Kami telah melakukan studi menggunakan pemindai otak (MRI) untuk memeriksa apakah perlakuan orang tua berbeda kepada anak laki-laki dan anak perempuannya," kata Mascaro seperti dilansir dari laman Fatherly.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Behavioral Neuroscience, American Psychological Association ini dilakukan terhadap 52 ayah dengan komposisi 30 ayah dengan anak perempuan dan 22 ayah dengan anak laki-laki.

Setiap ayah dipasangi sebuah alat perekam di bagian ikat pinggangnya selama satu minggu. Adapun tujuan pemasangan alat tersebut untuk mengetahui komunikasi keseharian yang terjadi antara seorang ayah dengan anaknya yang berusia sekitar dua tahun.

Selama satu minggu alat pendeteksi dipasang, para peneliti menemukan bahwa para ayah lebih cenderung menggunakan bahasa dan tutur kata yang lembut kepada anak perempuannya, sementara kepada anak laki-lakinya lebih banyak memakai kata-kata yang bersifat tegas, tersusun dan berstruktur.

"Ini adalah perbedaan yang sangat terasa dan saya pikir temuan ini menarik karena bila kita menanyai seorang ayah soal interaksinya dengan anak, mereka akan menjawab bahwa tidak ada perbedaan atau setidaknya itulah yang mereka rasakan," tutur Mascaro.

Selain dari tutur kata, dilakukan juga metode scan reaksi otak saat seorang ayah menatap foto anak perempuan dan anak laki-lakinya. Umumnya otak seorang ayah akan bereaksi lebih kuat saat memandang foto anak perempuannya. Namun, ketika memandang foto anak laki-lakinya reaksi itu lebih netral.

"Tampaknya ini adalah gambaran kompleks di mana ayah berinteraksi secara berbeda dengan anak laki-laki dan perempuan," katanya.

Meski begitu, menurut Mascaro, ini bukan berarti seorang ayah lebih memilih anak perempuan ketimbang anak lelaki. Perilaku interaksi itu sesuatu yang lebih kompleks dan terkait dengan gender bagaimana seseorang memperlakukan perempuan dan laki-laki.

Baca: Ayah, Jangan Lakukan 5 Hal Ini pada Anak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Fatherly
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com