Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2017, 16:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Orang yang menderita gangguan pencernaan sering dihantui rasa khawatir tidak bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Salah satu penyakit yang bisa kambuh adalah GERD (gastroesophageal reflux disease).

GERD adalah penyakit pencernaan yang paling umum terjadi dan diderita 10-20 persen populasi orang dewasa. Menurut dr.Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, gejala utama penyakit ini adalah rasa panas di dada seperti sensasi terbakar atau disebut juga dengan heartburn.

Gejala GERD lainnya termasuk suara serak, radang tenggorokan, dan batuk kering kronis, terutama pada malam hari.

Menurut dr.Ari, prinsip penanganan GERD adalah menghilangkan gejala dan mencegah komplikasi. Salah satunya dengan memperhatikan asupan makanan.

"Pasien GERD tidak disarankan mengonsumsi daging secara berlebihan dalam waktu singkat, dan lebih banyak meningkatkan konsumsi buah dan sayuran. Dan juga tidak makan makanan yang terlalu pedas atau asam," kata dr.Ari.

Untuk mencegah naiknya asam lambung, saat sahur dan berbuka sebaiknya mengurangi minuman kopi dan soda yang akan memperburuk kondisi.

Kebiasaan merokok juga perlu dihindari. Nikotin dapat melemahkan otot di antara lambung dan esofagus yang menahan asam lambung tidak berbalik. Selain itu, rokok juga bisa menyebabkan lambung memproduksi terlalu banyak asam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com