Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transplantasi Rambut, Cara Pria Atasi Kebotakan Secara Permanen

Kompas.com - 04/06/2017, 09:56 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Ada atau tidaknya faktor genetis dalam keluarga, kebotakan bisa saja terjadi pada pria karena berbagai faktor, seperti gaya hidup. Namun, sebuah prosedur transplantasi rambut dapat menjawab kekhawatiran pria akan rambut botak yang mengancam penampilan.

Prosedur ini tidak hanya dapat mengubah tampilan rambut secara drastis namun dapat mengubah kepercayaan diri dan persepsi orang lain terhadap usia dan tingkat daya tarik Anda, menurut sebuah penelitian baru JAMA Facial Plastic Surgery.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di JAMA Network Journals, peneliti menyurvei 122 peserta (48 persen adalah pria). Semua peserta diperlihatkan foto 13 orang pria yang memiliki pola kebotakan, 7 orang di antaranya telah menjalani prosedur transplantasi rambut sedangkan 6 lainnya tidak. Lalu, para peserta diminta untuk menilai (pada skala 0 sampai 100) pada setiap foto untuk mengukur usia, daya tarik, keberhasilan, dan kemungkinan untuk didekati.

Hasilnya, orang-orang yang menjalani transplantasi rambut dinilai lebih muda, menarik, sukses, dan mudah didekati, yang semuanya dapat mempengaruhi status sosial dan perkembangan karier Anda, kata peneliti. Pria yang mengatasi pola kebotakan dengan transplantasi rambut dipersepsikan 3,5 tahun lebih muda, lebih atraktif, lebih mungkin berhasil dalam karier, dan lebih mudah untuk didekati dalam lingkungan sosial, ungkap temuan tersebut.

Transplantasi rambut sudah dilakukan di AS sejak 1950an, namun teknik tersebut menjadi lebih baik akhir-akhir ini. Selama prosedur yang berlangsung sekitar 4-8 jam, dokter ahli bedah akan memindahkan kulit kepala yang memiliki pertumbuhan rambut aktif dan menanamkannya pada daerah kulit kepala yang mengalami penipisan atau kebotakan.

Untuk melihat pertumbuhan rambut, dibutuhkan waktu sekitar 3 sampai 9 bulan pasca operasi. Prosedur bisa saja diulang bila pria ingin mendapatkan rambut yang lebih tebal. Walau begitu, prosedur ini juga memiliki efek samping yang perlu diminimalisir melalui konsultasi dengan dokter ahli bedah.

Namun, Anda tak harus menjalani transplantasi rambut untuk bisa tampil percaya diri. Memanfaatkan produk anti penipisan rambut bisa menjadi cara pertama untuk menjaga kesehatan dan kesuburan rambut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com