Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/06/2017, 10:10 WIB
Wisnubrata

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Permainan skateboard telah menjadi hobi yang digemari, terutama setelah makin banyak tempat yang menyediakan skatepark alias taman bermain skateboard.

Untuk menggeluti hobi ini, seseorang memerlukan papan skateboard atau deck yang harganya tidak murah. Oleh karenanya, papan skateboard sebaiknya dirawat dengan baik agar awet dan tetap nyaman digunakan.

Menurut Stevanus Anton, pemilik brand Solitude Skateboards, umumnya, papan yang baik untuk dipakai sebagai papan skateboard adalah yang terbuat dari kayu maple. Kayu maple sendiri sudah digunakan selama puluhan tahun berkat tingkat ketahanannya yang baik di segala cuaca.              

Dibutuhkan 7 lapis papan kayu maple yang di-press menjadi satu untuk membuat papan skateboard lebih lentur dan tidak mudah patah. Meski papan ini kuat, namun waktu bisa menggerusnya. Maka perhatikan tips merawat papan skateboard tersebut.

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan agar papan tetap awet:

1. Perhatikan ban setelah digunakan. Sebaik dibersihkan dari kotoran.

Komponen ban terdiri dari ban  itu sendiri dan bearing yang terdapat di dalamnya. Bearing merupakan hal paling penting yang harus selalu dirawat supaya roda senantiasa berputar dengan baik. Cara membersihkannya bisa menggunakan cairan bahan bakar (bensin) atau pembersih kutex (aseton).

Setelah itu diberi pelumas cair, bisa dengan pelumas yang biasa digunakan untuk mesin jahit atau bisa juga membeli pelumas khusus bearing skateboard yang dijual di toko.

2. Bushing, yaitu karet yang ada pada bagian truck skateboard (bagian as roda pada papan skateboard).

lzf Bermain skateboard
Jika truck menghadapi beban berat atau digunakan untuk waktu tertentu akan mengalami perubahan bahkan terkadang bisa sobek. Kalau dalam keadaan sobek, sebaiknya diganti dengan yang baru.

3. Griptape merupakan bagian atas papan skateboard yang bertekstur kasar seperti            amplas dan sering kali kotor akibat terkena debu atau kotoran dari sepatu.

Jika dibiarkan kotor tanpa dibersihkan, griptape akan kehilangan fungsinya. Oleh karenanya, agar griptape dapat mencengkeram sepatu dengan maksimal, jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin.

Cukup menaruh papan pada posisi vertikal, siram dengan air dan sikat menggunakan air sabun kemudian bilas hingga bersih. Sebaiknya arah siraman air dari  atas ke  bawah sehingga papan tidak terendam dan bisa dikeringkan dengan baik.

Baca: Yang Perlu Diketahui Saat Memilih Papan Skateboard

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com