Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Berhasil Turunkan Berat 79 kg dengan Aplikasi

Kompas.com - 09/06/2017, 12:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber askmen

KOMPAS.com - Manfaatkan berbagai aplikasi canggih di gawai Anda untuk membantu menurunkan berat badan. Kisah Chuck Gowing yang berhasil mengurangi berat badannya sampai 79 kg ini bisa menjadi inspirasi.

Chuck (49) asal Florida, AS, memiliki pengalaman buruk melihat rekan sekantornya meninggal akibat serangan jantung. "Itu pengalaman yang mengerikan," katanya.

Pada saat itu Chuck yang memiliki bobot 158 kilogram juga memiliki masalah kesehatan lain, yakni sering sesak napas dan gangguan tidur.

Saat melakukan perjalanan dengan pesawat, Chuck juga memerlukan sabuk pengaman tambahan karena ukuran perutnya yang besar. "Saya merasa hidup saya harus berubah," katanya.

Sebelumnya ia sudah melakukan beberapa cara untuk menurunkan berat badan, mulai dari diet sampai olahraga. Ia pernah mencoba diet rendah karbohdirat, bahkan terkadang sengaja berpuasa untuk mengurangi asupan kalori. Tapi, semuanya gagal.

Ia lalu tertarik mencoba salah satu aplikasi diet di ponsel "Lose It!". Aplikasi yang bisa diunduh gratis di Android dan iPhone ini membantu kita merancang rencana penurunan berat badan secara spesifik berdasarkan informasi pola hidup Anda.

Di aplikasi tersebut kita juga bisa melacak asupan makanan, olahraga, dan juga target yang ditetapkan. Kita juga bisa mendapat informasi mengenai makanan yang direkomendasikan dan yang tidak.

Chuck mengatakan, hal pertama yang ia lakukan adalah mengubah pola makannya. Ia tidak lagi mengonsumsi karbohidrat sederhana. Ia juga menggantinya dengan sayur, buah, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak.

Setiap hari Chuck berjalan kaki atau lari sekitar 9 kilometer. Ia tetap mengonsumsi makan besar 3 kali dan dua kali snack. Upayanya itu berhasil menurunkan berat badannya dan mempertahankannya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber askmen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com