Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2017, 17:49 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber Indy 100

KOMPAS.com – Romansa pada era modern ditandai dengan ragam swafoto (selfie) bersama pasangan di media sosial. Kondisi ini sudah dianggap maklum dan menjadi kebiasaan.

Namun, tahukan Anda bahwa pasangan yang aktif pamer kemesraan di media sosial bisa jadi tidak bahagia dalam hubungan tersebut.

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Personality and Social Psychological Bulletin mengungkapkan, pasangan yang paling bahagia adalah mereka yang jarang atau nyaris tidak pernah mengunggah foto kebersamaan di media sosial.

Studi yang dipimpin oleh Lydia F. Emery, seorang psikolog dari Northwestern University ini mempelajari adanya hubungan antara kebahagiaan dalam hubungan dan aktivitas mengunggah foto kebersamaan dengan pasangan di media sosial.

Menurut Emery, umumnya orang yang sama sekali tidak menggunakan media sosial adalah orang yang puas dan bahagia dengan kehidupannya secara general.

Sebab, terlalu rajin beraktivitas di media sosial, menurut Emery, telah terbukti secara ilmiah mengindikasikannya depresi ringan hingga berat.

Media sosial, imbuh Emery, membuat Anda secara tidak langsung membandingkan kehidupan sendiri dengan orang lain dalam porsi yang tidak sehat.

“Ketika Anda merasa benar-benar bahagia dalam sebuah hubungan atau momen kehidupan, maka secara alamiah Anda ingin menikmatinya dengan sempurna, bukan dengan sibuk selfie dan memperbarui status media sosial,” jelas Emery.

Mengunggah foto kebahagiaan pada media sosial merupakan tindakan putus asa agar orang lain menilai hidup Anda sempurna. Anda pun menanti-nanti respon teman sesuai yang Anda representasikan dalam foto.

“Hal ini memanipulasi otak melalui penilaian orang lain bahwa hidup Anda baik-baik saja,”

Pasangan yang benar-benar bahagia, kata Emery, tidak mencari validasi dan pengakuan dari orang lain mengenai hubungan asmara mereka.

“Persetujuan dan komentar manis di media sosial tidak penting untuk pasangan yang benar-benar berbahagia,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Indy 100
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com