Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2017, 21:16 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Bagi wanita, lubrikasi vagina sangat penting dalam sesi bercinta. Cairan lubrikasi menandakan vagina siap untuk pentrasi sehingga mencegah iritasi dan juga rasa nyeri.

Lubrikasi sebenarnya terjadi secara alami saat terjadi rangsangan seksual, tetapi sebagian wanita membutuhkan lubrikan karena kondisi vaginanya kering.

Menurut psikolog Elizabeth Santosa, ada beberapa faktor yang menyebabkan vagina kering, antara lain karena faktor usia yang bertambah, kondisi biologis atau bawaan yang tidak memungkinkan wanita menghasilkan cairan lubrikasi yang cukup.

Kurang pemanasan juga membuat lubrikasi berkurang. "Contohnya saat Anda dan pasangan ingin melakukan seks yang singat, tetapi pasangan belum siap," kata Elizabeth dalam siaran pers yang diterima Kompas Lifestyle.

Faktor eksternal, seperti merasa tidak fit, wanita kurang percaya diri, atau kebosanan dalam melakukan seks, juga membuat gairah menurun yang akhirnya lubrikasi vagina tidak terjadi.

"Nyeri saat berhubungan sering disebabkan oleh lubrikasi yang tidak cukup," ujarnya.

Begitu pentingnya peran lubrikan atau pelumas dalam berhubungan, sehingga menyebabkan aktivitas seks tanpa lubrikan dapat menimbulkan luka dan nyeri di daerah kewanitaan, serta rasa tidak nyaman bagi pasangan Anda. Padahal, beberapa pasangan lebih suka menikmati durasi lama pada saat bercinta, yaitu antara 25 hingga 30 menit.

Selain itu, lubrikan dapat membantu untuk menciptakan variasi dalam berhubungan seks sehingga dapat meningkatkan hormon dopamine atau hormon bahagia dalam tubuh yang berfungsi untuk memotivasi seseorang menciptakan hubungan yang lebih erat dengan pasangannya.

Untuk meningkatkan gairah seksual sehingga lubrikasi cukup, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya saja melakukan pemanasan yang cukup sampai seorang wanita merasa rileks dan siap bercinta.

Selain itu, Elizabeth juga menyarankan melakukan komunikasi terbuka dengan pasangan tentang bagian tubuh yang bisa dieksplorasi agar dapat mengalihkan perhatian dari rasa sakit.

Penggunaan lubrikan atau pelumas yang dijual di apotik atau toko obat juga direkomendasikan.

Sebaiknya pilih lubrikan yang berbahan dasar air atau water based lube, sehingga aman digunakan bagi pemilik kulit sensitif.

"Lubrikan berbahan dasar air juga memiliki keunggulan mudah dibersihkan, tidak merusak penggunaan kondom, dan memiliki fungsi yang hampir menyerupai cairan lubrikasi alami," kata Sutan Musa, Brand Manager Kondom Fiesta.

Musa mengatakan, saat ini Kondom Fiesta memiliki dua varian lubricant gel yaitu Fiesta Lubricant dan Fiesta Strawberry Lubricant untuk meningkatkan kualitas bercinta bagi Anda dan pasangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com