Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih "Personel Trainer"

Kompas.com - 13/06/2017, 11:17 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Untuk memperoleh hasil maksimal di gym, rajin berlatih saja tidak cukup. Sebaiknya Anda memakai jasa personel trainer (PT) untuk membimbing dan memantau program latihan Anda.

Dalam satu kontrak program dengan seorang PT, Anda bisa belajar mengetahui cara yang tepat melakukan latihan, misalnya untuk squat atau lunges. Anda juga tahu struktur latihan yang dibutuhkan, atau cara menggunakan alat-alat di gym. Mereka juga akan memotivasi kita untuk lebih giat berlatih.

Mengingat pentingnya tugas seorang PT dalam latihan Anda, pastikan Anda mengetahui beberapa hal ini dalam memilih:

- Siapa dia
Anda bisa melakukan pengamatan di gym langganan. Perhatikan bagaimana sikapnya saat melatih klien. Apakah ia terlalu banyak bicara atau justru pendiam? Apakah ia terlalu santai, padahal Anda sedang butuh PT yang bisa memacu? Amatilah dua atau tiga calon PT sebelum memutuskan.

- Sertifikasi
Seorang PT wajib memiliki sertifikasi dari organisasi pelatihan terkemuka, ilmu latihan, atau gelar sarjana olahraga. Di pusat kebugaran ternama biasanya mereka sudah mewajibkan sertifikasi ini. Carilah informasi apakah mereka memiliki kekhususan, misalnya nutrisi fitnes, manajemen berat badan, atau postnatal fitness.

- Komunikasikan
Tanyakan pada diri sendiri apa yang Anda harapkan dari sesi latihan yang akan dijalani. Apakah menurut Anda latihan beban itu berat tapi tertarik untuk melakukannya? Apakah Anda sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti half-marathon? Atau Anda ingin mengatasi fase plateu dalam upaya penurunan berat badan?

Komunikasikan tujuan latihan Anda pada PT sehingga ia bisa merancang program yang sesuai. Seorang PT yang profesional tidak akan memberi program yang sama pada setiap kliennya.

- Cari informasi
Jangan hanya mengandalkan rekomendasi dari staf di gym. Tak ada salahnya meminta referensi klien yang sudah ditangani oleh calon PT Anda untuk menggali informasi mengenai program, cara berlatih, dan sebagainya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com