Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2017, 15:57 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada bulan Ramadhan masyarakat muslim di Indonesia bangun lebih pagi sekitar pukul 03.00 WIB untuk mempersiapkan hidangan dan menyantap sahur.

Setelah sahur, masyarakat memiliki beberapa jam senggang yang bisa digunakan untuk bersiap-siap menjalankan hari, baik sekolah, kuliah atau kerja... dan belanja online.

Menurut analisa iPrice Group yang menganalisa perilaku konsumen online di Indonesia pada bulan Ramadhan 2017ini, rupanya masyarakat Indonesia banyak yang memanfaatkan waktu setelah sahur mereka dengan berbelanja produk secara online.

Penelitian ini dilakukan iPrice Group dengan membandingkan lebih dari 400.000 akses pengguna ke website iPrice Indonesia pada 2 minggu sebelum bulan Ramadan (22 April – 4 Mei 2017) dan 2 minggu awal bulan Ramadan (27 Mei – 8 Juni 2017).

Salah satu hasilnya adalah, masyarakat Indonesia menggunakan waktu sahur untuk belanja online. Bahkan, angkanya terjadi kenaikan jika dibandingkan Ramadhan tahun sebelumnya.

Peningkatan pengunjung website yang paling banyak terjadi pada pukul 05.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB dengan persentase sebesar 400 persen.

Dari data tersebut bisa disimpulkan bahwa salah satu kegiatan yang dilakukan masyarakat pada pagi hari adalah mencari barang promosi dan juga diskon dari toko-toko online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com